Begini Penjelasan BMKG Soal Hujan Es di Desa Jake di Kuansing Riau

Peristiwa langka yang jarang terjadi, yakni fenomena hujan es di Desa Jake, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi

Penulis: tidakada008 | Editor: nurhayati

POSBELITUNG.CO -- Peristiwa langka yang jarang terjadi, yakni fenomena hujan es di Desa Jake, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi , Riau, Selasa (22/3/2022) sore.

Hujan ini menurut penjelasan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) disebabkan awan comulonimbus.

Demikian dikatakan kepala BMKG Stasiun Pekanbaru Ramlan, menurutnya pada dasarnya penyebab adanya hujan es berasal dari awan comulonimbus.

Berdasarkan hasil analisis dan pantauan citra radar dan satelit, di wilayah Kuantan Tengah pada Selasa (22/3/2022) pukul 16.30 WIB mulai terdeteksi awan Cumulonimbus memasuki wilayah tersebut.

"Kemudian pada pukul 16.59 - 17.17 WIB di wilayah tersebut terpantau awan Cumulonimbus yang cukup tinggi mencapai sekitar 10 km, dengan suhu puncak awannya mencapai -80°C," jelas Ramlan.

Untuk nilai reflektivitas awan pada citra radar juga relatif tinggi sekitar 50-60dbZ (hujan lebat dan angin kencang).

"Ketika aliran udara ke bawah yang keluar dari awan Cumulonimbus cukup kuat dan didukung dengan kelembaban udara di lingkungan tersebut cukup tinggi mengakibatkan es yang seharusnya mencair menjadi air hujan tetap menjadi butiran es ketika turun ke permukaan tanah," kata  Ramlan.( *)

Artikel ini telah tayang di TribunPekanbaru.com dengan judul Viral Video Hujan Es di Desa Jake di Kuansing Riau Hebohkan Warga, Ini Penjelasan BMKG

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved