Berita Belitung

BNN Belitung Dorong ASN dan Lingkungan Sekolah Bersih Narkoba

Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Belitung menggelar workshop penggiat pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: nurhayati
Dok/BNN Belitung
BNN Belitung menggelar workshop penggiat P4GN pada ASN dan warga sekolah di Hotel Bahamas Tanjungpandan, Kamis (24/3/2022). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Belitung menggelar workshop penggiat pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) di Hotel Bahamas, Tanjungpandan.

Dua hari menggelar kegiatan tersebut yakni 23-24 Maret, BNN Belitung memfokuskan sasaran pada aparatur sipil negara ( ASN) dan warga lingkungan sekolah. 

"Tujuan kegiatan ini mereka di lingkungan pemerintah dan pendidikan sekolah harus bersama-sama mengkampanyekan dan mewujudkan sekolah bersih narkoba. Instansi pemerintah dan ASN garda terdepan dalam P4GN apalagi telah muncul edaran kementerian PAN RB nomor 9 tahun 2022 yang ditanggalkan 18 Maret 2022 pentingnya P4GN agar ASN tidak tersandung masalah narkoba," jelas Kepala BNN Kabupaten Belitung Nasrudin, Kamis (24/3/2022).

Baca juga: Ternyata Komoditas Ini yang Jadi Penyumbang Inflasi Tertinggi di Ibu Kota Provinsi Bangka Belitung

Baca juga: BPOM Pangkalpinang Masih Temukan Bahan Berbahaya pada Makanan di Belitung, Ini yang Dilakukan

Ia mengatakan, penggiat P4GN di lingkungan sekolah merupakan kepala sekolah dan guru yang harus digerakkan agar pelajar dalam dapat memerangi narkoba atau war on drugs sejak dini. 

BNN Belitung berharap agar ke depan para peserta workshop dapat mengembangkan kapasitas dan bisa melaksanakan tugas sebagai penggiat P4GN di lingkungan masing-masing.

Baca juga: Empat Calon Kades Siap Bertarung, Wakili Kaum Perempuan, Generasi Muda Hingga Petahana

Selain itu agar memiliki rasa tanggung jawab untuk ikut ambil bagian penyelesaian permasalahan narkoba bukan bukan tugas BNN atau Polri, tapi tugas seluruh warga masyarakat Indonesia, tidak terkecuali instansi pendidikan dan ASN sebagai garda terdepan di dalam pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran narkoba.

"Mereka menjadi relawan, penggiat, kalau di wilayah pencegahan mereka melakukan edukasi kepada anak-anak didiknya, kalau mereka di wilayah rehabilitasi barangkali ada anak-anak yang sudah tersangkut masalah narkoba bisa dikomunikasikan dengan rehabilitasi rawat jalan di BNN Kabupaten Belitung," ucapnya. 

Dalam konteks pemberantasan, penggiat P4GN ini menjadi informan jika memang di tempat tinggal atau tempat kerjanya terjadi tindak penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba agar BNN bisa mengambil eksekusi untuk langkah berikutnya.

( Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari) 

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved