Berita Belitung Timur

Minyak Goreng Hampir Ludes Diserbu Saat Pasar Tani Digelar di Kelapa Kampit  

Pasar Tani ini dilakukan secara rutin dua minggu sekali di beberapa kecamatan untuk memenuhi kebutuhan pokok seperti minyak goreng dan lainnya.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Fery Laskari
istimewa
Pembeli saat melihat telur yang dijual di Pasar Tani Manggar, Jumat (25/3/2022). (Posbelitung.co/DistanganBeltim) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pihak Dinas Pertanian dan Pangan (Distangan) Belitung Timur (Beltim) menggelar Pasar Tani di Halaman Gedung Serbaguna Kelapa Kampit, Jumat (25/3/2022). Pasar Tani ini dilakukan secara rutin dua minggu sekali di beberapa kecamatan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap bahan pokok penting.

Masyarakat bisa mendapatkan kebutuhan pokok seperti beras, gula, minyak, hingga telur di pasar tani ini. Harga yang ditawarkan relatif murah. Beras di harga Rp11 ribu per kilogram, gula Rp13,5 ribu per kg, minyak Rp21 ribu per liter, dan telur Rp1,5 ribu per butir.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan Distangan Belitung Timur, Agustian, Jumat (25/3/2022) mengatakan, Pasar Tani pertama kali diadakan di Manggar, lalu gantian di kecamatan lain.

"Sudah di Manggar, Damar, dan Kelapa Kampit. Ke depan akan ada di kecamatan lainnya juga demi memenuhi kebutuhan masyarakat di setiap kecamatan," kata Agustian.

Seiring adanya pasar tani ini, diharapkan masyarakat bisa terbantu dan ada alternatif bagi masyarakat untuk membeli barang kebutuhan pokok."Kami berharap agar masyarakat bisa terbantu lah untuk memperoleh bahan pangan yang strategis diharga yang memang terjangkau bagi mereka," katanya.

Pasar Tani Belitung Timur ini bekerja sama dengan Pihak Bulog dan distributor dari Tanjungpandan Belitung. Selain kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng dan lainnya, hasil pertanian penyumbang inflasi juga ikut dipasarkan seperti kangkung, kacang panjang, dan cabai.

Dikatakannya di pasar tani kali ini antusias masyarakat cukup tinggi sebab hingga Pukul 11.00 WIB barang yang dibawa sebagian besar sudah habis. Ada beras 1,25 ton, telur 3000 butir, minyak goreng 480 liter, gula 500 kg, dan daging 100 kg. "Yang terbaru kami juga ada daging beku, daging kerbau baru datang dari Bulog. Untuk ngetes pasar dulu di masyarakat kami ambil 100 kg dulu. Tapi Alhamdulillah sudah banyak yang beli," katanya. ( Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved