Berita Belitung Timur

Tim Dosen UBB Ajarkan Anak Panti Asuhan Muhammadiyah Gantung Bikin Kuliner dan Hidroponik

Pelatihan hidroponik diarahkan langsung oleh Herry Marta Saputra, yang merupakan dosen Agroteknologi Universitas Bangka Belitung.

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Novita
IST/Dokumentasi Dosen UBB
Tim dosen UBB mengadakan pengabdian di Panti Asuhan Muhammadiyah Gantung, Belitung Timur, Rabu (23/3/2022). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Tim dosen UBB)'>Universitas Bangka Belitung ( UBB) mengadakan pengabdian masyarakat di Panti Asuhan Yatim dan Dhuafa Putra Muhammadiyah Gantung, Belitung Timur.

Kegiatan pengabdian di panti asuhan yang diketuai Christianingrum bersama tim, yakni Sumar dan Muhammad Qomarudin ini, memberikan pendampingan pembuatan produk kuliner.

"Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mempersiapkan anak-anak menghadapi dunia kerja nantinya. Pelaksanaannya Maret dengan harapan nanti adik-adik dari panti bisa mengaplikasikan ilmu yang didapat dengan memproduksi dan menjual produk yang telah dihasilkannya saat puasa dan menjelang lebaran nantinya," kata Christianingrum dalam rilis yang diterima Posbelitung.co, Jumat (28/3/2022).

Selain itu, tim yang tergabung dalam kegiatan pengabdian dosen tingkat fakultas ini juga memberikan pembekalan mengenai pencatatan keuangan dan perhitungan harga jual produk agar setelah selesai produksi produk kuliner. Sehingga diharapkan peserta mampu untuk menghitung harga jual dan membuat pembukuan sederhana dari aktivitas penjualan yang dilakukan.

Dua kegiatan yang dilakukan ini merupakan bentuk kegiatan pengabdian yang dilakukan tim, dengan harapan besar bahwa kegiatan yang telah dilaksanakan bisa diterapkan dengan baik, sehingga nantinya para peserta bisa memiliki skill tentang pembuatan produk kuliner dan perhitungan harga jual, serta pembukuan sederhana.

Pada akhir kegiatan, tim menyerahkan satu unit oven, mixer, dan peralatan pembuatan produk agar bisa dimanfaatkan dengan baik.

Pengabdian yang dilaksanakan tim dosen UBB ini bertajuk Peningkatan Kemandirian Pangan Masyarakat melalui Kawasan Pangan Rumah Lestari (KRPL) dan Pemasaran Produk KRPL Berbasis E-Commerce.

Selain itu, tim dosen UBB yang terdiri dari Gigih Ibnu Prayoga, Herry Marta Saputra, dan Christianingrum, juga mengadakan kegiatan pengabdian berupa kemandirian pangan yang dapat dimulai dari lahan sekitar tempat tinggal melalui prohram Kawasan Pangan Rumah Lestari (KRPL).

Bentuk program KRPL anatara lain adalah budi daya tanaman dengan sistem hidroponik. Dalam kesempatan ini, kegiatan yang dilaksanakan berupa pelatihan hidroponik tanaman sayuran yang memanfaatkan pekarangan dan lahan di panti asuhan tersebut.

Pelatihan hidroponik diarahkan langsung oleh Herry Marta Saputra, yang merupakan dosen Agroteknologi Universitas Bangka Belitung.

Peserta pelatihan sekitar 30 orang yang terdiri dari pengurus, anak-anak, dan remaja yang tinggal di panti asuhan, terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan. Selama kegiatan, peserta mencoba untuk mempraktekan langsung serta aktif berdiskusi dengan pemateri.

Kegiatan ini juga melibatkan alumni dan mahasiswa UBB yang berdomisili di Belitung untuk menyukseskan kegiatan serta menjamin keberlanjutan program ini ke depannya.

Pimpinan Panti Asuhan, Firman Triyono, berharap masih ada kegiatan lanjutan yang akan dilaksanakan, sehingga skill dari anak-anak juga bisa meningkat nantinya.

Ia juga berterima kasih atas ilmu dan kegiatan yang telah dilaksanakan, sekaligus berharap bahwa kegiatan ini akan berlanjut menjadi modal kemandirian serta kewirausahaan bagi anak-anak panti asuhan nantinya.

Dalam kegiatan ini, Tim UBB juga menyerahkan bantuan peralatan berupa satu unit modul Hidroponik tipe NFT dan beberapa alat dan bahan pendukung hidroponik yang dapat dimanfaatkan oleh Panti Asuhan Muhammadiyah Gantung. ( Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved