Ramadhan

Muhammadiyah Mulai Sabtu Berpuasa, Pemerintah Tunggu Isbat, Berikut Ucapan Selamat Berpuasa

Pemerintah masih menunggu sidang isbat untuk menentukan awal puasa, sedangkan muhammadiyah menetapkan awal puasa pada Sabtu 2 April

Editor: Hendra
tribunnews
Ilustrasi puasa Ramadhan 

POSBELITUNG.CO, JAKARTA -- Kapan umat Islam di Indonesia mulai menjalankan ibadah puasa ramadhan hingga kini masih banyak yang mempertanyakannya.

Pemerintah melalui Kementrian Agama dijadwalkan baru hari ini, Jumat (1/4/2022) akan menggelar sidang Isbat.

Namun berbeda dengan ormas Muhammadiyah.

Mereka jauh hari sudah menetapkan awal 1 Ramadhan pada hari Sabtu (2/4/2022).

Penetapan jadwal puasa itu dilakukan lewat Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1443 Hijriah.

Adapun dalam maklumat tersebut, juga ditetapkan mengenai 1 Syawal 1443 H yang ditetapkan pada Senin, 2 Mei 2022. Penetapan awal Ramadan dan Syawal 1443 Hijriah tersebut berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Dilansir dari Kompas.com, berikut contoh ucapan selamat menunaikan ibadah puasa tahun 2022:

1. Selamat menjalankan Ibadah Puasa di bulan Ramadan 1443 H. Bulan penuh ampunan, semoga jadi momentum untuk meningkatkan ukhuwah Islamiyah, ukhuwah insaniyah dan ukhuwah sesama anak bangsa (wathaniyah) dalam upaya meningkatkan iman dan taqwa (Imtaq), serta memperkuat kepedulian sosial dalam rangka pemulihan ekonomi sebagai dampak pandemi Covid-19. Tetap melaksanakan protokol kesehatan, semoga pandemi benar-benar sirna dari Indonesia tercinta (Sekjen MUI, Amirsyah Tambunan).

2. Bulan suci Ramadan itu kelas training kemanusiaan. Mengembalikan manusia pada kesejatian dirinya. Menyadarkan untuk berpegang teguh pada Al-Qur’an pada bulan penuh ampunan, rahmat, dan pembebasan dari api neraka. Maksimalkan meraih ridha Allah SWT dan menggapai surga-Nya. Selamat menunaikan ibadah puasa, mudah-mudahan jadi terapi diri untuk menuju ridha Ilahi Rabbi.

3. Marhaban ya Ramadhan! selamat datang bulan puasa. Mari kita sambut bulan Ramadhan tahun 1443 H ini dengan hati yang gembira, saling memaafkan antar sesama, dan penuh harap akan rahmat dan maghfirah dari Allah SWT. Mari hidupkan Ramadhan kali ini dengan berbagai ibadah, seperti salat Tarawih, Witir, dan Tadarus Al-Qur'an. Kita perkuat persaudaraan antar sesama dengan memperbanyak sedekah, zakat, dan memperbanyak silaturrahim.

4. Menahan lapar dan dahaga adalah bagian kecil dari ritual puasa, yang bisa jadi orang diet dengan mengurangi porsi makan dapat jadi lebih berat dari pada puasa. Namun, orang fakir miskin biasa merasakan kelaparan yang lebih sengsara dari pada menahan lapar dan dahaga karena ber puasa. Hakikat puasa adalah menahan nafsu, menjalankan ketaatan kepada Allah SWT, dan mengasihi yang lemah, serta saling hormat pada sesama manusia.

5. Semoga Ramadhan ini dapat kita isi dengan kegiatan-kegiatan yang menguatkan ruhiyyah dan jasamaniyyah kita, sehingga dapat mendatangkan kemaslahatan untuk perbaikan setiap individu, yang shalih secara individu dan shalih secara sosial, sehingga mendongkrak perbaikan akhlak dan ekonomi bangsa, Aamiin ya rabbal alamin.

6. Selamat ber puasa! Semoga di Bulan Suci Ramadan ini kita semua bisa lancar beribadah dan terhalang dari berbagai penyakit hingga hari kemenangan nanti.

7. Akhirnya kita sudah sampai di bulan penuh rahmat dan berkah. Selamat Ramadhan Mubarak! Selamat ber puasa bagi umat Islam semuanya. Semoga Allah SWT mengabulkan doa-doa kita dan dapat melaksanakan ibadah dengan khusyuk.

Halaman
12
Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved