Berita Belitung Timur

Ikut Cegah Penularan Covid-19, PT SMM Berikan Satu Ton Eco Enzyme untuk PMI Belitung Timur

Perusahaan sawit di Dendang ini memberikan cairan disinfektan eco enzyme kepada PMI Belitung Timur sebanyak satu ton.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: nurhayati
Ist/PT SMM
Penyerahan eco enzyme dari PT SMM ke PMI Belitung Timur belum lama ini. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Covid-19 masih menjadi ancaman bagi kesehatan manusia saat ini.

Banyak cara yang dilakukan dalam mencegah penularan, diantaranya membentengi diri dengan selalu menjaga kebersihan tangan dan badan.

Seluruh pihak diwajibkan berkontribusi dalam mencegah agar Covid-19 tidak menyebar, salah satunya PT Sabahat Mewah dan Makmur (SMM).

Perusahaan sawit di Dendang ini memberikan cairan disinfektan eco enzyme kepada PMI Belitung Timur sebanyak satu ton.

Resident Director PT SMM Juli Wankara Purba mengatakan perusahaannya berkomitmen untuk menjaga lingkungan dan terus berinovasi dalam upaya pelaksanaannya.

Baca juga: Siswa SMP Tewas Tenggelam di Kolong Eks Tambang Timah di Desa Kebintik, Korban Tak Bisa Berenang

Baca juga: Wabup Belitung Puji Produk Kreatif Gula Semut De Kabong Olahan Siswa SMAN 1 Membalong

Menurutnya, pembuatan eco enzyme merupakan salah satu responsible development PT SMM dalam menjaga lingkungan, karena seperti yang kita ketahui masalah sampah adalah salah satu ancaman terbesar dalam kelestarian lingkungan dan 60% sampah yang terbuang adalah sampah organic.

"Dengan adanya eco enzyme maka kita dapat berkontribusi dalam mengurangi sebagian besar sampah dan disaat yang sama mendapatkan manfaat langsung dari cairan eco enzyme. Kami juga senang menginformasikan bahwa dalam paleksanaan kegiatan ini ANJ dan SMM telah memperoleh penghargaan dari PMI Pusat atas donasi berupa cairan Eco Enzym untuk penanganan Covid-19," kata Juli, Minggu (3/4/2022).

Hingga saat ini, SMM telah memproduksi sekitar 11.054 liter eco enzyme dan telah dipergunakan sebagai cairan pembersih lantai kantor, cairan disenfektan, pupuk untuk tanaman sayuran, penjernih air pada waduk dan lain-lain.

Dikatakan Juli, PT SMM juga memberikan eco enzyme kepada masyarakat sekitar untuk digunakan dalam kegiatan perikanan dan pertanian. Selain itu, SMM juga aktif memberikan pelatihan pembuatan eco enzyme kepada masyarakat sekitar perusahaan.

Baca juga: Dindik Bangka Belitung Keluarkan Edaran, Siswa SMA/SMK Libur 3 Hari di Awal Ramadan

Ketua PMI Beltim Talafudin mengatakan eco enzyme dari PT SMM semata-mata untuk kepentingan sosial dan dalam waktu dekat akan didistribusikan kepada masyarakat.

“Kita mengharapkan kerjasama dengan berbagai pihak. Terutama dengan PT SMM karena memang salah satu perusahaan yang cukup punya nanya di Kabupaten Belitung Timur ini,” kata Talafudin.

Ia berharap, kerjasama lainnya juga bisa terjalin antara PMI dengan PT SMM terutama dalam penyediaan darah. Pasalnya, keberadaan PMI di Beltim belum sepenuhnya dirasakan oleh masyarakat.

“Kerjasama yang kita harapkan antara lain dalam penyediaan darah melalui kigiatan donor-donor ketika mereka menggelar itu dan juga kerjasama dalam bentuk lainnya,” ujarnya.

Sebagai informasi, cairan disinfektan tersebut selain untuk penanganan Covid-19, juga bisa dimanfaatkan sebagai hand sanitizer, pembersih lantai, sabun cuci, pembersih gigi, sampai pada pempupukan tanaman pertanian. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved