Erzaldi Rosman

Keagenan LPG Pertamina Segera Hadir di Bangka Belitung Guna Stabilkan Harga dan Ketersediaan Elpiji

"Artinya, ketika ada harga yang lebih tinggi dan tidak sesuai dengan standar, Keagenan LPG Pertamina yang akan menjadi acuan," jelasnya.

Penulis: Riki Pratama | Editor: Novita
IST/Dokumentasi Kominfo Babel
Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, menerima manajemen PT Pertamina Retail di ruang rapat kerja gubernur, Senin (12/4/2022). 

POSBELITUNG.CO, BANGKA - Dalam waktu dekat, Keagenan LPG PT Pertamina Retail akan hadir di Bangka Belitung. Dengan kehadirannya, tentu menjadi peringatan bagi agen-agen Liquefied Petroleum Gas ( LPG) yang nakal di Bangka Belitung.

Kehadiran Keagenan LPG PT Pertamina Retail Bangka Belitung yang merupakan anak cabang dari PT Pertamina itu, diyakini akan menjaga stabilitas dan standardisasi harga LPG (elpiji) di pasaran, sekaligus juga menjaga ketersediaan stok elpiji.

"Dengan kehadiran Keagenan LPG PT Pertamina di Bangka Belitung, saya yakin akan menjaga kestabilan harga dan ketersediaan stok elpiji yang ada di daerah kita," jelas Gubernur Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, saat menerima PT Pertamina Retail di Ruang Rapat Kerja Gubernur, Senin (12/4/2022).

Kerja sama yang dilakukan antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), PT Bumi Bangka Belitung Sejahtera dengan PT Pertamina Retail itu juga diyakini akan menekan tingginya harga serta memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan elpiji.

Gubernur yang didampingi Direktur Utama BUMD Babel, Prof Saparudin, dan Kepala Biro Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Setda Babel, Ahmad Yani, mengatakan, kehadiran Keagenan LPG Pertamina ini tidak akan mengganggu pasar agen-agen yang sudah ada saat ini.

Namun demikian, gubernur menegaskan para agen ini harus mengikuti aturan dan standardisasi Pertamina.

"Artinya, ketika ada harga yang lebih tinggi dan tidak sesuai dengan standar, Keagenan LPG Pertamina yang akan menjadi acuan," jelasnya.

Dalam pengelolaan keagenan LPG nantinya, juga akan dikolaborasikan dengan program penerapan sistem fuel card untuk pembelian elpiji yang selama ini telah dilakukan di Bangka Belitung, sehingga dalam pendistribusiannya dapat dikendalikan dan tepat sasaran.

Sebelumnya, dalam paparan Bona Mangkirap, Derian Gemaltifa dan Ramdan Julmunir dari PT Pertamina Retail menyampaikan, Keagenan LPG PT Pertamina Retail adalah Keagenan LPG yang dikelola langsung oleh Pertamina melalui anak perusahaannya.

Seperti Pertamina Retail, dengan tujuan untuk menjaga stabilitas dan standardisasi harga elpiji di pasaran, menjaga ketersediaan stok elpiji di suatu daerah dan menjadi role model bagi keagenan elpiji yang lain.

Diketahui, saat ini di Indonesia telah terdapat 52 titik Keagenan LPG PT Pertamina Retail dengan status on progress sampai dengan akhir tahun 2022.

Dalam kesempatan itu, pihakynya juga memaparkan, bahwa progres pengembangan dan time line pengaktifan Keagenan LPG di wilayah Bangka Belitung, pada tahap awal ini meliputi keagenan di Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Belitung, Kabupaten Belitung Timur, dan Kota Pangkalpinang.

Pada kesempatan itu, juga dibicarakan tentang wacana pembukaan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang akan dikelola langsung oleh PT Pertamina di Bangka Belitung. (*/Bangkapos.com/Riki Pratama)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved