Virus Corona di Bangka Belitung

Puskesmas Manggar Belitung Timur Catat Peningkatan Permintaan Vaksinasi Booster hingga 300 Persen

Sementara itu, capaian vaksinasi booster di Kabupaten Belitung Timur saat ini baru mencapai 12 persen dari total sasaran.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Novita
Ist/Dokumentasi Pkm Manggar
Petugas Puskesmas Manggar melaksanakan vaksinasi di sebuah sekolah di Manggar. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kepala Puskesmas Manggar, dr Faradela, mengatakan, terjadi peningkatan permintaan vaksinasi booster di tempatnya.

Peningkatan itu terjadi sejak dijadikannya vaksinasi booster sebagai syarat untuk bepergian.

Sebelumnya, animo masyarakat untuk vaksinasi booster cukup rendah. Sejak Januari 2022 hingga Maret 2022, Puskesmas Manggar mencatat ada kenaikan 300 persen warga yang vaksinasi booster. Pada Januari terdapat 238 dosis dan Maret 2022 ada 726 dosis yang disuntikkan ke masyarakat.

"Kami melayani booster selama jam pelayanan. Vaksinasi primer juga tetap kami layani. Bagi masyarakat yang ingin vaksinasi silakan langsung ke puskesmas," kata Faradela kepada Posbelitung.co, Selasa (12/4/2022).

Dia menyebut, satu dari syarat vaksinasi booster adalah sudah mendapatkan vaksinasi dosis kedua setelah minimal tiga bulan. Jika sebelum tiga bulan, maka vaksinasi booster tidak bisa dilakukan.

Sementara itu, capaian vaksinasi booster di Kabupaten Belitung Timur saat ini baru mencapai 12 persen dari total sasaran.

Angka ini didominasi oleh sasaran yang berasal dari Dendang, dengan jumlah warga yang sudah booster mencapai delapan ribuan atau 21 persen dari sasaran.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Belitung Timur, Supeni, mengemukakan, vaksinasi booster merupakan vaksinasi lanjutan setelah menyelesaikan vaksinasi primer dosis satu dan dua.

"Setelah Dendang, presentasi terbesar yaitu di Renggiang sebesar 19 persen, yaitu 1.100an warga. Kemudian Manggar 4.100an warga atau 13,27 persen dari sasaran," kata Mak Pen, sapaan akrab Supeni, kepada Posbelitung.co, Selasa (12/4/2022).

Kemudian, untuk vaksinasi primer satu dan dua, masing-masing sudah 90 dan 88 persen. Sementara vaksinasi anak-anak di Kabupaten Belitung Timur saat ini sudah mencapai 107 persen.

Pihaknya bakal menggenjot terus capaian vaksinasi terutama untuk booster. Dia antaranya dengan door to door atau mendatangi langsung desa yang banyak belum di vaksinasi.

"Seperti kemarin di DPRD meminta untuk booster, kami datangi. Kami juga membuka kesempatan bagi desa atau masyarakat yang ingin didatangi untuk di vaksinasi silakan ke puskesmas terdekat," kata Mak Pen. ( Posbelitung.co/Bryan Bimantoro)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved