Berita Pangkalpinang

Pemkot Pangkalpinang Siap Laksanakan Rekomendasi DPRD Terkait LKPJ Wali Kota

Rekomendasi DPRD atas Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Wali Kota tahun 2021siap dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Pangkalpinang

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Cepi Marlianto
Wakil Wali Kota Pangkalpinang M. Sopian saat melakukan penandatanganan berita acara serah terima rekomendasi legislatif atas LKPJ Wali Kota Pangkalpinang di gedung DPRD, Senin (18/4/2022). 

POSBELITUNG.CO -- Rekomendasi DPRD atas Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Wali Kota tahun 2021siap dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Menurut Wakil Wali Kota Pangkalpinang, M. Sopian menggantikan Wali Kota, Maulan Aklil yang berhalangan hadir, rekomendasi tersebut bakal dilaksanakan dalam kinerja pada tahun 2022 ini.

Puluhan masukan dan rekomendasi dari Panitia Khusus (Pansus) X, XI dan XII yakni pemungutan pajak daerah dan retribusi daerah perlu ditingkatkan terutama pada pajak penerangan jalan dan pajak parkir, pemanfaatan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), penanganan banjir hingga pelayanan kesehatan akan direalisasikan pada tahun ini.

“Beberapa rekomendasi itu akan kita jadikan sebagai bahan perbaikan dalam pelaksanaan kegiatan pemerintahan. Hal ini supaya dimasa yang akan datang agar tercipta pemerintahan yang bersih, transparan dan akuntabel demi mewujudkan visi dan misi Kota Pangkalpinang,” ungkap Sopian kepada Bangkapos.com usai kegiatan, Senin (18/4/2022).

Menyikapi beberapa rekomendasi dari DPRD perihal pajak dan retribusi terutama parkir Sopian menegaskan, akan segera menindaklanjuti hal tersebut dan menginstruksikan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mengoptimalkannya.

Seperti yang diketahui, pendapatan dari retribusi parkir di tepi jalan umum di Pangkalpinang, sepanjang tahun 2021 telah melebihi target dan naik sekitar 300 persen.

Di mana pada tahun 2020 realisasi penerimaan retribusi parkir di tepi jalan umum mencapai Rp262.324.000 dan untuk realisasi parkir khusus menyentuh Rp444.014.000.

Sedangkan tahun 2021 realisasi penerimaan retribusi parkir di tepi jalan umum mencapai Rp1.006.865.000. Untuk realisasi parkir khusus berada di kisaran Rp347.115.000.

“Jadi kami akan meningkatkan kompetensi dalam mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga hasil-hasil pembangunan dapat dinikmati secara riil, adil dan merata oleh semua masyarakat,” terang Sopian.

Di samping itu sambung Wawako, rekomendasi serta catatan-catatan yang disampaikan para legislatif merupakan wujud kepedulian dan kesungguhan terhadap kelangsungan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Kota Pangkalpinang.

Oleh karenanya, untuk mengatasi kebocoran pungutan retribusi parkir pemerintah kota melalui Dinas Perhubungan tengah berupaya untuk melakukan pembayaran parkir melalui digitalisasi yang akan mulai diterapkan di Pasar Pagi, RSUD Depati Hamzah dan Pasir Padi.

“Akan saya instruksikan langsung kepada seluruh kepala OPD untuk segera ditindaklanjuti dan melaporkan hasilnya kepada Wali Kota Pangkalpinang,” kata Sopian.

Oleh karena itu kata Sopian, pemerintah turut mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pimpinan dan anggota DPRD Kota Pangkalpinang yang telah selesai membahas dan mengkaji LKPJ, melalui Pansus.

Tak lupa sebagai eksekutif, pemerintah juga memerlukan dukungan dari legislatif untuk bersama-sama mendukung program-program dan kegiatan yang telah dilaksanakan, supaya ke depannya dapat berjalan dengan baik.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua komponen masyarakat Kota Pangkalpinang yang telah membantu kami. Dukungan dari semua pihak sangat kami butuhkan dalam menjalankan program pembangunan daerah, sehingga program yang telah direncanakan akan terlaksana dengan baik,” tandas Sopian. (Bangkapos.com/Cepi Marlianto)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved