Gernas BBI Dorong UMKM Lokal Tembus Pasar Global, Tribun Series Bareng Kemendag Ungkap Strateginya

Tribun Series kali ini menghadirkan Mendag Muhammad Lutfi dan jajaran pejabat Kemendag untuk membahas strategi UMKM bersaing di pasar global.

DOK. Humas Kemendag
Upacara pembukaan Kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Wisata Indonesia (BWI) 2022. 

TRIBUNBELITUNG.COM – Pemerintah melakukan pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi dimulai dari pemulihan terhadap sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Pasalnya, UMKM mempunyai peranan penting dalam perekonomian nasional. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM ), jumlah UMKM di Indonesia saat ini mencapai 64,2 juta.

Sektor UMKM juga mampu menyerap 97 persen dari total tenaga kerja dan menghimpun hingga 60,4 persen dari total investasi negara.

Selain itu, data menunjukkan, ekonomi dan keuangan syariah serta industri halal menjadi salah satu kebijakan strategis Indonesia dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan menggerakkan ekonomi global di masa depan.

Melansir Indonesia Halal Market Report 2021, terdapat peluang ekspor sebesar 3.58 miliar dollar AS dari pasar Organisasi Kerjasama Islam (OKI) dan non-OKI untuk industri makanan halal, fesyen muslim, kosmetik halal, dan farmasi halal.

Apalagi, Indonesia yang merupakan anggota negara G20 juga berstatus sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai strategi UMKM dalam bersaing di pasar global, termasuk mencapai target menjadi pusat industri halal dunia, Tribunnews bersama Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggelar Tribun Series bertajuk “Laskar UMKM Bangka Belitung Mendunia”.

Webinar ini dipandu host Rizqiani Putri dan menghadirkan sejumlah narasumber, seperti Menteri Perdagangan Indonesia Muhammad Lutfi, Atase Perdagangan Indonesia di Kuala Lumpur Deden Muhammad F S, Duta Besar Indonesia di Mesir Lutfi Rauf, dan Direktur Jenderal (Dirjen) Perdagangan Dalam Negeri Oke Nurwan.

Ada pula Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) M Aqil Irham, dan perwakilan UMKM dari Bangka Belitung Bella Kartika Aprilia selaku pemilik UMKM Seplak Belitong dan Vivi Widyana pemilik UMKM Billiton Spice.

Webinar Tribun Series “Laskar UMKM Bangka Belitung Mendunia”, Rabu, 20 April 2021 pukul 15.00 WIB.
Webinar Tribun Series “Laskar UMKM Bangka Belitung Mendunia”, Rabu, 20 April 2021 pukul 15.00 WIB. (DOK. Humas Kemendag)

Webinar Tribun Series “Laskar UMKM Bangka Belitung Mendunia”, Rabu, 20 April 2021 pukul 15.00 WIB.
Webinar ini juga akan mengulas bagaimana kondisi UMKM Indonesia terkini, UMKM di Bangka Belitung, berbagai upaya para pelaku usaha, serta dukungan pemerintah untuk go international.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved