Info Kesehatan

Mengandung Zat Antioksidan Tinggi, Buah Mengkudu Baik untuk Kesehatan

Buah mengkudu memang memiliki bau yang menyengat dan rasa yang pahit. Meski demikian, manfaat buah mengkudu untuk kesehatan sangatlah beragam

Penulis: Khamelia CC | Editor: Khamelia
Tribunnews.com
Mengkudu jadi obat alami. 

POSBELITUNG.CO -- Mengkudu (Morinda citrifolia) merupakan buah berwarna hijau yang banyak ditemukan di Australia, India, dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Buah ini cukup populer dikonsumsi sebagai obat herbal dan suplemen.

Mengutip alodokter.com, Manfaat buah mengkudu untuk kesehatan telah dikenal sejak lama. Meski memiliki rasa yang sangat pahit, tidak sedikit masyarakat Indonesia yang menggunakan buah ini untuk mengobati berbagai penyakit, mulai dari sakit kepala, flu, hingga diabetes.

Di dalam buah mengkudu, terkandung beragam nutrisi berikut ini:

Karbohidrat
Protein
Gula
Vitamin C
Vitamin E
Biotin
Folat
Magnesium
Kalium
Kalsium
Buah mengkudu juga kaya akan antioksidan, seperti flavonoid dan saponin, serta berbagai zat yang bersifat antiradang dan antibakteri.

Selain dipercaya dapat mengobati berbagai jenis penyakit, buah mengkudu juga dipercaya dapat melembapkan kulit dan menyamarkan kerutan halus di wajah. Sayangnya, efektivitas buah mengkudu tersebut masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Buah mengkudu memang memiliki bau yang menyengat dan rasa yang pahit. Meski demikian, manfaat buah mengkudu untuk kesehatan sangatlah beragam, di antaranya:

1. Mencegah dan memperbaiki kerusakan sel tubuh

Sel-sel dan jaringan tubuh bisa cepat rusak ketika tubuh sering terpapar radikal bebas yang berasal dari berbagai sumber, seperti asap rokok, polusi, racun, dan paparan radiasi atau sinar matahari berlebih.

Jika terlalu banyak terpapar radikal bebas, sel-sel tubuh akan cepat rusak dan hal ini bisa meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Buah mengkudu diketahui dapat mengurangi kadar radikal bebas dan memperbaiki kerusakan sel-sel tubuh akibat paparan zat tersebut.

Namun, untuk memaksimalkan manfaat buah mengkudu ini, Anda juga perlu menjalani gaya hidup sehat, yaitu dengan tidak merokok, mengurangi stres, rutin berolahraga, dan mencukupi waktu istirahat.

2. Menjaga kadar kolesterol dalam darah

Sebuah riset menunjukkan bahwa ekstrak buah mengkudu atau jus buah mengkudu dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, sehingga baik untuk mencegah penumpukan kolesterol di pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan penyakit jantung.

Halaman
123
Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved