Berita Belitung Timur

Tak Perlu Khawatir, Stok Sapi Potong di Belitung Timur Aman Jelang Lebaran

Dia memastikan, sapi sejumlah lebih 400-an ekor itu juga bakal didistribusikan ke Belitung Timur walaupun didrop di Tanjungpandan.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Novita
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Ilustrasi daging sapi. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Belitung Timur, Heru Indramarta, mengatakan, ketersediaan sapi potong di Belitung Timur saat ini masih aman jelang Lebaran yang tinggal sekitar 10 hari lagi.

Heru menyebut, pihaknya sudah menyurvei ke beberapa peternak di lima kecamatan. Hasilnya, ada 156 ekor sapi siap potong yang akan membanjiri pasar di Belitung Timur.

"Dari persediaan kelihatannya tidak ada masalah. Insyaallaah tersedia. Selain sapi yang memang diternakkan di sini, sapi juga didatangkan dari luar Pulau Belitung melalui Pelabuhan Tanjungpandan," kata Heru kepada Posbelitung.co, Kamis (21/4/2022).

Stok tersebut belum termasuk dengan sapi yang baru datang ke Belitung beberapa waktu lalu. Dia memastikan, sapi sejumlah lebih 400-an ekor itu juga bakal didistribusikan ke Belitung Timur walaupun didrop di Tanjungpandan.

"Kebutuhan sapi di Belitung Timur tetap dari Tanjungpandan, karena masuknya dari satu pintu di Belitung. Jadi kebutuhan sapi di Belitung Timur juga tergantung dengan stok yang ada di Belitung. Jadi bukan berarti yang empat ratusan ekor atau lebih yang masuk ke Kabupaten Belitung untuk kebutuhan di Kabupaten Belitung, tapi untuk kebutuhan Pulau Belitung," jelas Heru.

Saat ini, harga daging sapi segar di pasaran sekitar Rp150 ribu-Rp160 ribu per kilogram. Sedangkan nanti, kata Heru, juga bakal dipasok daging beku kerbau untuk memberikan alternatif kepada masyarakat.

"Kalau daging kerbau beku itu harganya Rp80 ribu. Jadi masyarakat bisa pilih, mau daging sapi atau kerbau," kata Heru.

Dia berharap masyarakat tidak perlu khawatir tidak kebagian daging, karena pemerintah akan berupaya maksimal menjaga supaya kebutuhan masyarakat atas daging terpenuhi jelang Idulfitri.

"Semoga dengan banyaknya stok sapi ini, nanti bisa menekan harga daging, atau paling tidak tetap seperti sekarang di kisaran Rp150 ribu-Rp160 ribu per kilogram," kata Heru. ( Posbelitung.co/Bryan Bimantoro)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved