Ramadhan

Bawaslu Belitung Timur Edukasi Masyarakat Tentang Money Politic melalui Sekotak Takjil

Akan tetapi, edukasi yang dilakukan Bawaslu Kabupaten Belitung timur ini unik, dikemas sekaligus dengan pembagian takjil untuk berbuka puasa.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Novita
Ist/Dokumentasi Bawaslu Beltim
Seorang warga menerima takjil untuk berbuka puasa dari Bawaslu Beltim, Jumat (22/4/2022). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Belitung Timur memberikan edukasi tentang kepemiluan kepada masyarakat, seperti menolak politik uang hingga netralitas ASN.

Akan tetapi, edukasi yang dilakukan Bawaslu Belitung Timur ini unik, dikemas sekaligus dengan pembagian takjil untuk berbuka puasa.

Ketua Bawaslu Belitung Timur, Wahyu Epan Yudhistira, mengemukakan, cara ini dipilih selain karena momen bulan Ramadan, tapi juga ingin mendekatkan diri ke masyarakat, walaupun bukan dalam masa pemilihan.

"Momentum Ramadan harus kita jadikan ajang berlomba-lomba berbuat kebajikan. Kegiatan ini diagendakan sebagai semangat Bawaslu Beltim dalam menyosialisasikan pengawasan partisipatif, serta sebagai bentuk inisiasi saling berbagi dari seluruh jajaran Komisioner dan Sekretariat Bawaslu Belitung Timur kepada masyarakat," kata Epan kepada Posbelitung.co, Jumat (22/4/2022).

Pesan yang ingin disampaikan melalui kegiatan Bawaslu Beltim Berbagi ini, satu di antaranya untuk mengajak masyarakat peka dan waspada terhadap iming-iming pada masa kampanye.

Secara eksplisit, Bawaslu Belitung Timur mengingatkan bahwa Bulan Ramadan waktu yang tepat untuk berbagi, ketimbang hanya berbagi saat memiliki kepentingan politik saja. Misalnya pada saat masa kampanye pemilihan umum.

"Ada tiga ide dan semangat dari pembagian takjil gratis untuk masyarakat yang bertajuk Awas Ada Takjil Gratis ini. Pertama, sebagai satu di antara upaya memberitahukan eksistensi dari kelembagaan Bawaslu Belitung Timur," imbuhnya.

Lalu yang kedua, yakni menjadikan kegiatan ini sebagai satu dari media untuk menyosialisasikan pesan-pesan pengawasan pemilu ke khalayak umum, sebagai upaya serius dan terukur melakukan pengembangan pengawasan partisipatif menuju Pemilu Serentak 2024.

"Terakhir yakni sebagai bentuk konsolidasi dan ikhtiar merawat soliditas internal di Bawaslu Beltim," tambahnya.

Kegiatan itu dilaksanakan di depan Kantor Camat Manggar dengan membagikan lebih dari 100 paket takjil berbuka puasa. ( Posbelitung.co/Bryan Bimantoro)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved