Advertorial

Ketua MK Sebut Belitung Daerah Sadar Konstitusi

“Belitung ini daerah yang sadar konstitusi, karena baru kali ini saya kunjungan ke daerah di­sambut pejabat pemda lengkap,” kata Anwar Usman.

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: Fitriadi
IST
Suasana sosialisasi sengketa pilkada oleh ketua MK diruang sidang pemkab Belitung 

POSBELITUNG.CO - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Prof. Dr. Anwar Usman, SH., MH mengunjungi Kabupaten Belitung pada Jumat (22/4).

Kedata­ngan RI 9 itu dalam rangka sosialisasi mengenai sengketa pemilihan kepala daerah (pilkada) yang berlangsung di ruang sidang pemkab.

Rombongan tiba di Bandara H AS Hanandjoeddin disambut Bupati Sahani Saleh (Sanem), Wakil Bupati Isyak Meirobie, dan jajaran Forkopimda.

“Belitung ini daerah yang sadar konstitusi, karena baru kali ini saya kunjungan ke daerah di­sambut pejabat pemda lengkap,” kata Anwar ketika memberikan sambutan.

Dalam kesempatan itu, dirinya juga menyampaikan seputar kewenangan serta tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dari MK, antara lain mengadili pada tingkat pertama dan terakhir yang putusan bersifat final buat menguji undang-undang terhadap Undang-Undang Dasar (UUD).

Ketua MK Prof.Dr. Anwar Usman,SH.,MH berfoto bersama pejabat di lingkup Pemkab Belitung dan forkopimda
Ketua MK Prof.Dr. Anwar Usman,SH.,MH berfoto bersama pejabat di lingkup Pemkab Belitung dan forkopimda (Dede)

Selain itu memutus sengketa kewenangan lembaga negara yang kewenangannya diberikan oleh UUD, memutus pembubaran partai politik, dan memutus perselisihan tentang hasil pemilihan.

“Tapi tidak semua keputusan hakim itu bisa menye­nangkan semua pihak,” katanya.

Bupati Sanem menyampaikan, Belitung merupakan miniatur dari ke­bhinekaan karena dihuni oleh penduduk dari ber­bagai macam suku. Meskipun demikian, situasi kamtibmas tetap terjaga dari toleransi keberagaman tersebut.

“Terima kasih atas kedatangan bapak Ketua MK bersama rombongan. Belitung ini pulau kecil tapi justru miniaturnya Bhineka Tunggal Ika, hampir semua suku ada di sini,” katanya.

Menurutnya sosialisasi tentang sengketa pilkada sangat penting buat memberikan pemahaman kepada organisasi perangkat daerah (OPD) teknis. Selain itu, sebentar lagi pemerintah akan kembali melaksanakan Pilkada Serentak 2024.

Usai acara sosialisasi, rombongan Ketua MK diajak berbuka puasa di Rumah Jabatan Bupati Belitung. (advertorial/dol)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved