Berita Belitung

BBM Langka di Belitung, Bupati Sahani Saleh: Kita Tidak Bisa Saling Menyalahkan

Sanem, sapaan akrab Sahani Saleh, juga berbincang dengan warga yang mengeluh kelangkaan BBM yang sudah terjadi sekitar dua pekan terakhir.

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Novita
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Bupati Belitung, Sahani Saleh, beserta rombongan meninjau SPBU di Jalan Gegedek, Tanjungpandan, Rabu (27/4/2022). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Bupati Belitung, Sahani Saleh, mendatangi SPBU yang berada di Jalan Gegedek, Tanjungpandan, Rabu (27/4/2022).

Bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, Hendra Caya, juga Forkopimda, ia melihat langsung situasi SPBU, yang saat itu nampak antrean panjang warga yang mengantre bahan bakar minyak ( BBM).

Sanem, sapaan akrab Sahani Saleh, juga berbincang dengan warga yang mengeluh kelangkaan BBM yang sudah terjadi sekitar dua pekan terakhir.

Ditemui Posbelitung.co selepas pemantauan, Sanem mengatakan, antisipasi kebutuhan BBM menjelang Lebaran sudah diupayakan agar ada penambahan kuota.

Ia juga berharap agar kelangkaan BBM yang terjadi tidak membuat masyarakat saling menyalahkan.

"Kita tidak bisa saat ini saling menyalahkan pengerit atau tukang suntik (penambang timah, red), tapi ini dari segi penambahan kuota saja," ucapnya.

Sanem mengatakan, pihaknya terus berkomunikasi dengan PT Pertamina melalui anak perusahaan PT Elnusa, agar menambah kuota. Tapi terkendala transportasi lantaran BBM ke Belitung dibawa dari Palembang.

"Itu pun Pertamina tidak memasok dengan kapal besar, karena kapal tongkang maksimal 1.500 ton. Mereka juga berkomunikasi terkait keterbatasan mencari kapal suplai ke sini," ucapnya.

Disinggung mengenai antrean panjang yang terjadi berminggu-minggu hingga kemungkinan solusi jangka pendek, Sanem mengatakan solusinya pada penambahan kuota.

"Solusinya itu, mudah-mudahan dari penambahan kuota pengangkutan ke Belitung lancar. Nah Insyaallah Lebaran, tapi kalau ritme begitu, sebenarnya ketersediaan BBM kita hanya cukup untuk dua hari," tuturnya. ( Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved