Berita Belitung

Bupati Belitung Terharu, Salat Idul Fitri Kembali Dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati

Salat Idul Fitri kembali dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Belitung setelah dua tahun tidak digelar karena pandemi Covid-19.

Penulis: Tedja Pramana | Editor: Tedja Pramana
posbelitung.co/tedja pramana
Bupati Belitung, H Sahani Saleh S Sos ceramah pada salat Idul Fitri 1443 Hijriah di halaman Kantor Bupati Belitung, Senin (2/5/2022). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Ratusan warga Kota Tanjungpandan berduyun-duyun ke Kantor Bupati Belitung untuk melaksanakan salat Idul Fitri 1443 Hijriah, Senin (2/5/2022) pagi. Salat Idul Fitri kembali dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Belitung setelah dua tahun tidak digelar karena pandemi Covid-19.

Umat segera menempati saf-saf yang telah disediakan panitia. Dimana panitia telah menyediakan karpet untuk salat ied, sehingga umat tidak perlu repot-repot lagi membawa alas dari rumah.

Bertindak sebagai imam Sekda Kabupaten Belitung, H MZ Hendra Caya, Khotib Bupati Belitung, H Sahani Saleh S Sos dan bilal Kabag Kesra Pemkab Belitung, Drs Pari.

Hadir dalam salat Ied berjemaah ini anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erwandi A Rani, unsur Forkompimda, tokoh masyarakat, ulama, sejumlah pejabat, aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Belitung serta masyarakat sekitar.

Usai salat Ied, Bupati Belitung, H Sahani Saleh didampingi Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie serta Sekda Kabupaten Belitung, H MZ Hendra Caya menyalami warga sebagai tanda saling memaafkan semua kesalahan di hari kemenangan umat Islam ini.

Dalam ceramahnya, H Sahani Saleh mengatakan, setelah sebulan menjalani puasa Ramadan, Idul Fitri pun tiba. Hari ini takbir berkumandang, ada rasa bahagia dan sukacita setelah satu bulan bulan ramadan.

"Tentunya semua ini harus kita syukuri sebagai hamba Allah yang tahu diri. Nikmat yang tak terhitung di dalam diri kita, sebagai bukti banyaknya rezeki yang kita terima. Bukan hanya rezeki lahir semata, namun rezeki batin pun terus mengalir dalam kehidupan kita," kata H Sahani Saleh.

"Semoga kita bisa menjadi hamba yang paling bersyukur kepadaNya, dengan mengucap Alhamdullilah senantiasa dimulut kita. Wujudkan rasa syukur ini dalam kehidupan nyata dan menguatkan kesadaran bahwa Allah SWT yang paling kuasa," tambahnya.

Menurutnya, Idul Fitri ibarat lembaran awal tak ada kotoran atau noda yang menempel sehingga senantiasa bersih. Ibarat kertas putih, seperti air dari sumber air yang mengalir jernih. Bupati mengajak seluruh umat untuk menghindari berbuat dosa lagi, baik dosa terhadap sesama, terlebih dosa kepada Allah SWT.

"Lalu bagaimana caranya? Jika kitaberbuat dosa, bertobat menjadi jalannya. Ikhtifar untuk tidak mengulangi lagi berbuat dosa. Sebagai umatNya, kita harus mengiringi perbuatan dosa dengan perbuatan sebagaimana penggantinya," katanya.

Kepada Pobelitung.co, Senin (2/5/2022), Bupati mengaku terharu dengan terlaksananya salat Idul Fitri ini. Pasalnya sudah dua tahun salat Idul Fitri di halaman Kantor Bupati Belitung tidk bisa dilaksanakan karena pandemi Covid-19.

"Hari ini salat Ied bisa dijalankan, sudah dua tahun tidak bisa kita laksanakan. Sekarang pandemi di Belitung sudah mereda. Tidak ada lagi masyarakat kita yang kena Covid, ini hasil upaya pemda untuk melakukan vaksin. Sekarang sudah hampir 100 persen masyarakat Belitung divaksin," kata H Sahai Saleh.

( Posbelitung.co/tedja pramana)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved