Berita Belitung Timur

Arus Balik Idulfitri 2022 ke Belitung Timur Ramai

Arus balik Idulfitri 2022 di Belitung Timur mengalami peningkatan. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Belitung Timur Amirudin

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: nurhayati
Ist/Dishub Beltim
Sejumlah penumpang yang turun dari Kapal Sabuk Nusantara I di Pelabuhan ASDP Manggar, Minggu (8/5/2022). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Arus balik Idulfitri 2022 di Belitung Timur mengalami peningkatan. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Belitung Timur Amirudin kepada posbelitung.co, Minggu (8/5/2022).

Hingga hari ini ratusan penumpang sudah tiba di Terminal Manggar dari Tanjungpandan dengan beberapa moda transportasi umum yang difasilitasi Damri.

Pantauan posbelitung.co meski lebih ramai daripada arus mudik tapi pergerakan penumpang tetap berjalan aman dan lancar.

“Kalau dibandingkan dengan arus mudik kemarin, lebih dominan yang arus balik ini. Selain itu juga banyak yang menggunakan kendaraan pribadi untuk arus balik ini jadi tidak terpantau,” kata Amirudin

Selain dari Tanjungpandan, arus balik juga dirasakan di Pelabuhan ASDP Manggar dengan Kapal  Sabuk Nusantara 30 jurusan Ketapang-Manggar.

Kapal yang sudah beroperasi dari 1 Januari 2022 itu melayani penumpang yang ingin ke Ketapang Kalimantan Barat dari Manggar atau sebaliknya.

"Tadi bersama Kepala UPP Manggar dan TNI menyambut para penumpang yang berjumlah 64 orang. Alhamdulillah lancar diantar ke terminal memakai Damri," ucap Amirudin.

Untuk itu pihak dishub menyiapkan beberapa skema untuk mengantisipasi ketika penumpang bus Damri yang tiba di Terminal Manggar tidak mendapat kendaraan atau angkutan ke tempat tujuan, dishub telah menyiapkan satu unit mobil elf.

“Kalau kita hanya menyiagakan mobil elf kita untuk mengantisipasi nanti kalau penumpangnya tidak dapat kendaraan untuk pergi, kita yang handle nanti,” kata Aminudin.

Dia menambahkan, petugas dari dishub tetap melaksanakan pemantauan arus kendaraan hingga pendataan terhadap penumpang yang berangkat dan datang di Terminal Manggar, melalui posko layanan angkutan lebaran 2022.

“Dinas perhubungan tetap melaksanakan pemantauan arus kendaraan di terminal Manggar ini khususnya bus penumpang, mendata naik turun penumpang dari Tanjungpandan yang masuk ke Terminal Manggar ini,” jelasnya.

Amirudin berharap, dengan tetap aktifnya posko di terminal Manggar, para penumpang tetap dalam keadaan aman dan sehat selama melakukan perjalanan balik dari mudik.

( Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved