Berita Belitung

Trafik Data XL Axiata Sumatera Meningkat 34 Persen Selama Musim Lebaran  

PT XL Axiata Tbk mencatat peningkatan trafik penggunaan data di sepanjang masa libur Idulfitri antara 24 April hingga 7 Mei 2022. Data dari Customer E

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Fery Laskari
istimewa
Teknisi sedang bekerja dengan perangkat Base Transceiver Station (BTS) milik XL Axiata di sekitar area Pelabuhan Batu Ampar, Kota Batam beberapa waktu lalu. IST/Dok XL Axiata 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - PT XL Axiata Tbk mencatat peningkatan trafik penggunaan data di sepanjang masa libur Idulfitri antara 24 April hingga 7 Mei 2022. Data dari Customer Experience & Service Operation Center (CESOC) yang berada di XL Axiata Tower, Jakarta, menunjukkan terjadinya kenaikan trafik layanan data secara nasional sebesar 33 persen lebih tinggi dibandingkan periode lebaran tahun sebelumnya. Serta terjadi peningkatan 11 pada sen dibandingkan hari-hari biasa sebelum Ramadan.


Khusus di Sumatera, kenaikan trafik data mencapai 34 persen lebih tinggi dari tahun lalu, dan 18 persen dibandingkan hari normal. Lonjakan trafik tersebut tidak terlepas dari diperbolehkannya masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik dan berlibur, setelah dua tahun sebelumnya hal tersebut dilarang karena terjadinya pandemi.


Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan setelah dua kali Lebaran masyarakat kebanyakan tidak bisa melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman, lebaran tahun ini dipenuhi suasana eforia masyarakat di berbagai daerah. Hal ini bisa lihat dari kenaikan trafik data yang cukup signifikan, demikian juga dengan data perpindahan masyarakat dari satu area ke area lainnya yang begitu dinamis.


"Akses ke layanan streaming video melalui media sosial juga cukup tinggi, yang menunjukkan antusiasme masyarakat untuk saling berbagi kegembiraan. Kami di XL Axiata bersyukur bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan selama masa liburan yang penuh kegembiraan ini," katanya, melalui rilisnyang diterima posbelitung.co, Senin (9/5/2022). 
 
Gede menambahkan, pola penggunaan berbagai jenis layanan data oleh pelanggan XL Axiata selama libur Lebaran ini bisa menggambarkan semakin maksimalnya masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan sarana digital untuk berbagai keperluan sehari-hari.


Selama periode ramadan dan lebaran, trafik layanan data di Sumatera, kenaikan trafik streaming mencapai 243 persen, disusul oleh social network sebesar 219 persen


Pada layanan streaming ini, sejumlah aplikasi mengalami kenaikan trafik pemakaian yang signifikan, seperti layanan berbasis gim mengalami kenaikan trafik rata-rata hingga 270 persen, Netflik naik 146 persen, YouTube naik 223 persen, TikTok 298 persen dan Spotify naik 181 persen.


Khusus Sumatera, layanan Instant Messenger, trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 160 persen. Sementara itu, pada layanan Social Network, trafik Twitter meningkat 217 persen dan Meta (Facebook) 245 persen. Layanan lainnya juga mengalami kenaikan trafik, antara lain belanja online melalui e-commerce meningkat hingga 166 persen, sedangkan web browsing naik 197 persen. 


Sementara itu, untuk layanan telekomunikasi SMS dan voice mengalami kenaikan/penurunan, masing-masing sebesar +6 persen dan -3 persen dibandingkan hari biasa. Di sisi lain, pengganti layanan voice, yaitu VoLTE mengalami kenaikan signifikan hingga 13 persen dibandingkan hari normal. Layanan VoLTE yang berbasis data memiliki fungsi yang sama dengan voice, dengan keunggulan pada kejernihan suara, serta bisa dilakukan bersamaan dengan akses ke layanan data lainnya. Secara biaya, pelanggan juga tidak perlu membayar secara tersendiri, cukup menggunakan paket data yang dimiliki.   
 
Dilihat dari wilayah kenaikan trafik layanan data di luar Jawa, trafik pemakaian layanan data di wilayah Sumatera Bagian Utara secara rata-rata trafik data naik sebesar 21 persen, Sumatera Bagian Selatan 17 persen, Kalimantan 17 persen, Sulawesi 14 persen, Bali-Lombok-Sumbawa 19 persen.


"Meskipun tidak sebesar di Jawa, data monitoring XL Axiata juga mencatat terjadinya perpindahan pelanggan dari kota-kota besar wilayah Sumatera juga cukup dinamis. Perpindahan yang cukup terlihat antara lain dari Medan dan sekitarnya, Padang, Palembang, Pekanbaru, Deli Serdang. Sementara itu, kota yang menjadi tujuan perpindahan adalah Kabupaten Simalungun, Kabupaten Lampung Tengah, Kabupaten Agam, Kabupaten Pesisir Selatan dan Kabupaten Langkat,” imbuh Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi. ( Posbelitung.co/Rilis/Adelina Nurmalitasari) 

 

 

 

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved