Berita Belitung

1.860 Siswa SMA di Pulau Belitung Lulus Sekolah, Penentuan Kelulusan Mengacu pada Tiga Kriteria

Kemudian, memang tidak ada lagi ujian nasional yang mengacu pada SE Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021.

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Novita
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V Bangka Belitung, Adi Zahriadi. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Tingkat kelulusan siswa Sekolah Menengah Atas ( SMA) di Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V Bangka Belitung pada tahun ajaran 2021/2022, dinyatakan lulus 100 persen.

Tepatnya, terdapat sebanyak 1.860 siswa SMA di Belitung dan Belitung Timur'> Belitung Timur menamatkan pendidikan di jenjang SMA.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V Bangka Belitung, Adi Zahriadi, mengatakan, penentuan kelulusan siswa ditentukan pihak sekolah dengan mengacu pada tiga kriteria.

Seperti, menyelesaikan program pembelajaran yang dibuktikan dengan rapor tiap semester, memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik, dan mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan atau sekolahnya.

"Alhamdulillah seluruh siswa SMA yang ada di lingkungan Cabdin V lulus 100 persen," ucapnya, Selasa (10/5/2022).

Agar lulus sekolah, Adi mengatakan, siswa harus memenuhi ketentuan kriteria tersebut sehingga tetap ada standar yang harus dipenuhi agar bisa lulus.

Kemudian, memang tidak ada lagi ujian nasional yang mengacu pada SE Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021. Makanya, penentuan kelulusan ditentukan sekolah melalui tiga kriteria tersebut.

Ia menambahkan, kelulusan ini bukan akhir. Namun justru modal awal untuk mencapai sukses dan berkarir di perguruan tinggi ataupun profesi lebih lanjut misal di industri, dunia usaha, dan dunia kerja.

"Saya selalu menekan agar setiap siswa selalu meng-upgrade kompetensinya, sehingga bisa sesuai dengan tuntutan kebutuhan di dunia saat ini. Saya berharap agar SDM yang kita didik ini menjadi orang yang terpakai karena sesuai dengan tuntutan zaman ini," kata Adi.

"Sekali lagi kami tegaskan pendidikan tidak boleh stagnan, tapi harus menyesuaikan dengan tuntutan zaman," tegasnya.

Mengenai informasi beasiswa untuk pendidikan tinggi dari Pemprov Babel, menurut Adi, pihaknya masih menunggu informasi lebih lanjut.

Namun, bagi lulusan SMA yang mau melanjutkan pendidikan tinggi tapi terkendala biaya, dapat mengikuti program pembiayaan kuliah dari Kemdikbud.

Makanya, bagi pemegang KIP sekolah agar mempelajari kesempatan untuk bisa memanfaatkan kesempatan kuliah yang dibiayai dari KIP Kuliah Merdeka.

Pada 2022 ini, Kemendikbud melalui Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) akan menyalurkan bantuan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi kepada 200 ribu mahasiswa.

Setiap mahasiswa penerima beasiswa ini, akan mendapat jaminan biaya pendidikan yang langsung dibayarkan ke program studi (prodi) berdasarkan akreditasi prodi.

Biaya pendidikan diusulkan oleh Perguruan Tinggi kepada Puslapdik dengan besaran untuk Prodi dengan Akreditasi A maksimal sampai Rp12 juta, Akreditasi B maksimal sebesar Rp4 juta, dan Akreditasi C maksimal sebesar Rp2,4 juta rupiah. ( Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
  • Berita Terkait :#Berita Belitung
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved