Berita Belitung Timur

Pemkab Beltim Teken MoU dengan PT SMM, Pembangunan Pelabuhan Tanjung Resing Temui Titik Terang

Selain menumbuhkan ekonomi di sektor kelautan, pelabuhan ini juga dapat menyerap lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Novita
Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Bupati Belitung Timur, Burhanudin, menandatangani MoU dan disaksikan oleh pihak PT SMM di ruang Bupati Beltim, Kamis (12/5/2022). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pembangunan Pelabuhan Tanjung Resing di Dendang, Belitung Timur  menemukan titik terang setelah penandatanganan kerja sama antara PT Sahabat Mewah Makmur (SMM) dengan Pemkab Belitung Timur, tentang penyerahan lahan yang akan menjadi akses jalan masuk sepanjang empat kilometer ke pelabuhan tersebut.

Bupati Belitung Timur, Burhanudin, mengemukakan, area pelabuhan tersebut masuk dalam wilayah PT SMM, terutamanya akses jalan masuk. Karenanya, harus ada pembebasan lahan sehingga bisa dipakai baik oleh pemkab maupun perusahaan.

"Alhamdulillah pelabuhan untuk masyarakat Belitung Timur akan terwujud. Ini adalah salah satu dukungan dari pihak swasta terhadap pembangunan daerah. Terima kasih kerja samanya PT SMM," kata Burhanudin ditemui usai penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di ruang Bupati Belitung Timur, Kamis (12/5/2022).

Dokumen MoU ini nantinya akan dibawa ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk pengurusan Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH).

Mengenai administrasi dokumen lainnya, Burhanudin menyebut sudah diserahkan ke Kementerian Perhubungan untuk masuk dalam perencanaan kerja pembangunan pelabuhan.

Dia menargetkan pembangunan pelabuhan ini akan dimulai pada tahun depan. Politisi Golkar ini ingin dengan terealisasinya pembangunan Pelabuhan Tanjung Resing, dapat bermanfaat luas bagi pemerintahan dan juga masyarakat.

Selain menumbuhkan ekonomi di sektor kelautan, pelabuhan ini juga dapat menyerap lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

"Jarak antara Jakarta dan Tanjung Resing ini sangat singkat. Dari situ saja sudah mengurangi cost (biaya,red) dan menghemat waktu. Lokasinya juga di tengah-tengah Pulau Belitung. Adanya pelabuhan ini pasti multiplier effect-nya bakal terasa sekali," jelasnya.

General Manager PT SMM, Ridwan Damanik, menyatakan kesungguhannya membantu Pemkab Belitung Timur untuk mewujudkan pelabuhan demi kepentingan masyarakat. Apalagi menurutnya, Pelabuhan Tanjung Resing diproyeksi akan berdampak jangka panjang sehingga jarak tempuh laut yang dilalui oleh PT SMM akan lebih singkat.

" PT SMM juga lebih cepat jarak tempuhnya ke pelabuhan kami untuk pengantaran CPO nantinya ke Batam," ujar Ridwan Damanik.

Penyerahan lahan ini, lanjutnya, menjadi bentuk komitmen perusahaan dalam berkontribusi atas pembangunan daerah.

" PT SMM sudah berkontribusi atas soft skill di masyarakat sekitar, seperti pembudidayaan, sawah apung, dan keterampilan lainnya. Semoga bisa terus bersinergi dengan Pemkab Belitung Timur," kata Ridwan. ( Posbelitung.co/Bryan Bimantoro)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved