Tak Satu Pun Pejabat AS Sambut Jokowi saat di Amerika, Kemenlu RI Sebut Tak Perlu Dirisaukan

Hendak bertemu Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, kedatangan Presiden Indonesia Joko Widodo terkesan dicueki, tak disambut satupun pejabat AS

Editor: Hendra
(dok. Sekretariat Presiden)
Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo beserta rombongan saat tiba di Pangkalan Militer Andrews, Washington DC, Amerika Serikat, Selasa 10 Mei sekitar pukul 21.40 waktu setempat (WS) atau Rabu (11/5/2022) pukul 08.40 WIB 

POSBELITUNG.CO, JAKARTA, -- Sikap Amerika Serikat terhadap Indonesia menjadi sorotan.

Pasalnya kedatangan Presiden Joko Widodo ke Amerika Serikat tak disambut satupun oleh pejabat AS.

Padahal kedatangan Jokowi dalam rangka melakukan pertemuan tingkat tinggi, ASEAN-US Special Summit atau KTT ASEAN-AS.

Yakni bertemu dengan kepala negara ASEAN dan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden.

Jokowi tiba di Pangkalan Militer Andrews, Washington DC, Amerika Serikat, pada Selasa 10 Mei 2022 sekitar pukul 21.40 waktu setempat atau Rabu (11/5/2022) pukul 08.40 WIB.

Baca juga: Posisi Amerika Makin Terjepit, Bentrok dengan China dan Rusia, Kejahatannya Dibongkar di Sidang PBB

Terkait sikap Amerika Serikat tak menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo ini pun kemudian ditanggapi oleh Kementrian Luar Negeri (Kemenlu) RI.

"Kita tidak melihat hal yang perlu dirisaukan," ujar Juru Bicara Kemenlu RI Teuku Faizasyah di Jakarta, Kamis (12/5/2022).

Ia justru menyayangkan pihak-pihak yang justru lebih menyoroti hal-hal yang bersifat teknis protokoler ketimbang esensi dari pertemuan negara-negara ASEAN dengan Amerika Serikat tersebut.

Lebih lanjut Faizasyah menjelaskan, sifat kunjungan Jokowi ke AS kali ini adalah semi-multilateral sebagai bagian dari ASEAN.

Dengan demikian, perlu dibedakan antara protokol penyambutan untuk pertemuan yang bersifat bilateral dan semi-multilateral.

"Kita mencatat sifat kunjungan adalah kunjungan kerja yang mengedepankan sisi substansi kunjungan tersebut.

Kita juga melihat saat penerimaan ketibaan mendapat treatment yang sama semua kepala negara ASEAN juga diterima pada level pejabat senior protokoler Kemenlu AS," ujar Faizasyah.

Baca juga: Amerika dan NATO Beri Senjata Tua ke Ukraina, Bisa Ditertawakan Rusia, Sekali Tembak sudah Rusak

Untuk diketahui, Jokowi tiba di Pangkalan Militer Andrews, Washington DC, Amerika Serikat, pada Selasa 10 Mei 2022 sekitar pukul 21.40 waktu setempat atau Rabu (11/5/2022) pukul 08.40 WIB.

Jokowi menempuh perjalanan lebih kurang 24 jam penerbangan dari Jakarta dengan transit di Amsterdam, Belanda, sebelum akhirnya pesawat Garuda Indonesia dengan kode penerbangan GIA-1 tersebut mendarat di bandara milik militer Amerika Serikat.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved