Berita Belitung

Bupati Belitung Silaturahmi dengan Dukun Kampung, Sebut Erat Kaitannya dengan Kehidupan Masyarakat

Ia juga berharap, melalui kegiatan ini dapat kembali menjalin hubungan dengan masyarakat yang sebelumnya sempat terputus akibat pandemi.

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Novita
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Bupati Belitung, Sahani Saleh, didampingi Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, memberikan bingkisan kepada dukun kampung di Lapangan Tugu Perjuangan Desa Air Seruk, Senin (16/5/2022). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Bupati Belitung, Sahani Saleh, bersilaturahmi dengan para dukun kampung se- Kecamatan Sijuk di Lapangan Tugu Perjuangan Desa Air Seruk, Senin (16/5/2022).

Menurutnya, dari sejarah kehidupan sosial kemasyarakatan Belitung, memang erat kaitannya dengan dukun. Namun dukun yang dimaksud berbeda halnya dengan dukun dari luar daerah dengan ilmu pelet atau ilmu santet.

"Dukun kami bukan dukun di sana, tapi di sini sebagai ketua adat. Saat sekarang, lembaga adat di desa diketuai Kik (kakek, red) Dukun," kata lelaki yang akrab disapa Sanem ini.

Di tengah acara, Sanem juga menyerahkan bingkisan kepada para dukun kampung atau tokoh adat, sebagai apresiasi terhadap peran mereka dalam kehidupan bermasyarakat di desa.

Kegiatan silaturahmi tersebut dilakukan dengan makan bersama bagi masyarakat yang hadir. Juga dihibur penampilan kelompok kesenian Campak Kembuja Besaut.

Sanem mengatakan, kegiatan itu kembali dapat dilaksanakan karena kondisi pandemi yang sudah terkendali. Sebelumnya, selama dua tahun acara serupa tak bisa diadakan karena Covid-19.

Ia juga berharap, melalui kegiatan ini dapat kembali menjalin hubungan dengan masyarakat yang sebelumnya sempat terputus akibat pandemi.

Acara silaturahmi yang dilaksanakan dalam Bulan Syawal ini juga dihadiri Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, MZ Hendra Caya, serta kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan pemerintah Kabupaten Belitung.

Acara juga dihadiri oleh segenap tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, serta para pemuda. ( Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved