Advertorial

Bupati Apresiasi Peluncuran Gernas BBI 2022 di Belitung

PRESIDEN RI Ir H Joko Widodo meluncurkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) 2022 secara daring Jumat (20/5).

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: Fery Laskari
IST
Billiton Spice sebagai satu-satunya UMKM Belitung yang menjadi UMKM Champion 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Presiden RI, Ir H Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) 2022 secara daring, Jumat (20/5/2022). Pembukaan acara secara langsung digelar di Kabupaten Belitung, tepatnya Kawasan Pantai Tanjungkelayang, Kecamatan Sijuk oleh Wakil Menteri Perdagangan Dr Jerry Sambuaga didampingi Pj Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin dan Bupati Belitung H Sahani Saleh SSos. Hadir pula unsur forkopimda, perbankan, serta para pelaku UKM Bangka Belitung (Babel).

Bupati menyambut baik kegiatan ini diselenggarakan di Belitung. Ia berharap melalui kampanye BBI mampu memperkenalkan produk produk lokal agar semakin dikenal hingga mampu menembus pasar dunia.
Menurutnya, sebagai daerah yang yakin menjadikan pariwisata sebagai lokomotif ekonomi, Belitung terus berupaya mentransformasi ekonomi dari sektor pertambangan ke sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang lebih berkelanjutan. Upaya tersebut tak terlepas dari pemberian dukungan kepada UKM agar terus berinovasi, meningkatkan kualitas produk, berpromosi, sampai pada pembinaan agar mampu menembus pasar luar negeri.
Menurut Bupati Belitung dua periode ini, produk produk UKM kini terus berkembang dengan diferensiasi yang semakin beragam dalam hal kualitas, pun mampu bersaing dan bernilai tinggi.


Satu di antaranya Billiton Spice yang merupakan satu-satunya UKM Belitung yang menjadi UKM Champion. UKM yang menghasilkan produk berbahan baku lada atau sahang ini telah melalui enam tahapan penilaian bersama 241.000 UMKM se-Babel. Jurinya dari Kemendag, BI, dan disperindag.

Pemerintah daerah, lanjut bupati, terus memberikan dukungan kepada pelaku UKM agar dapat naik kelas. Harapannya mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi pascapandemi serta membuka lapangan kerja.
UKM yang ditampilkan pada Gernas BBI #Cahaya dari Bangka Belitung ini juga merupakan pelaku yang sudah dikurasi serta siap ditampilkan pada ajang G20, September mendatang.

“Produk Billiton Spice dan sedotan purun (Purun Eco Straw) Belitung juga akan menjadi suvenir tamu G-20. Makanya, beragam produk unggulan berbasis kekayaan alam, kearifan lokal, dan ramah lingkungan dapat disaksikan langsung,” ucap bupati.

Ia mengapresiasi Kementerian Perdagangan dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yang telah memilih Belitung sebagai tuan rumah penyelenggaraan event tersebut.
“Ini menjadi bagian langkah Belitung untuk selanjutnya menjadi tuan rumah Development Working Group (DWG) G20 yang diikuti perwakilan dari negara negara peserta G20,” ucap bupati. (Posbelitung.co/Advertorial/Del)

Peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GERNAS BBI) Tahun 2022 oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo secara Daring dan Pembukaan Acara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GERNAS BBI) Tahun 2022 secara Langsung oleh Wakil Menteri Perdagangan RI, Dr. Jerry Sambuaga didampingi oleh Pj. Gubernur Kep. Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin dan Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos, Jum'at (20/05) 2022, bertempat di Pantai Tanjung Kelayang Belitung.
Peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GERNAS BBI) Tahun 2022 oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo secara Daring dan Pembukaan Acara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GERNAS BBI) Tahun 2022 secara Langsung oleh Wakil Menteri Perdagangan RI, Dr. Jerry Sambuaga didampingi oleh Pj. Gubernur Kep. Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin dan Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos, Jum'at (20/05) 2022, bertempat di Pantai Tanjung Kelayang Belitung. (IST)
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved