Berita Pangkalpinang

Pemkot Pangkalpinang Siap Jadi Tuan Rumah Muskomwil II Apeksi Sumbagsel, 12 Kepala Daerah akan Hadir

Disamping itu lanjutnya, Muskomwil nantinya akan menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi di Kota Pangkalpinang agar kembali menggeliat.

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: Novita
Bangkapos.com/Cepi Marlianto
Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil 

POSBELITUNG.CO, BANGKA - Sebanyak 12 kepala daerah dari Sumatra Bagian Selatan ( Sumbagsel) dan Bogor, bakal menghadiri Musyawarah Komisariat Wilayah (Muskomwil) II Asosiasi Pemerintah Daerah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Sumatera Bagian Selatan ( Sumbagsel), yang digelar di Kota Pangkalpinang pada 8-10 Juni 2022 mendatang..

Pemerintah Kota Pangkalpinang pun menyatakan siap 100 persen menjadi tuan rumah Muskomwil II Apeksi Sumbagsel.

Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil mengatakan, berbagai persiapan matang telah dilakukan untuk menyambut para kepala daerah tersebut.

"Alhamdulillah kita tanggal 8-10 Juni akan ada Muskomwil II Apeksi di kota kita dan dihadiri oleh 12 wali kota Sumbagsel dan satu lagi dari Bogor," kata dia kepada Bangkapos.com, Sabtu (21/5/2022).

Maulan Aklil yang kerap disapa Molen ini mengemukakan, kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat tepat dan strategis. Sebab merupakan bagian dari ajang bisnis, promosi, dan informasi produk serta jasa unggulan dari kota-kota anggota Apeksi.

Apeksi ini akan menjadi ajang city branding untuk memberikan citra yang positif dan bersifat persuasif guna mendatangkan wisatawan. City branding dapat membentuk city image, yang pada akhirnya menjadi sarana untuk membawa kota tersebut agar dikenal secara luas.

"Apeksi ini kita buat menjadi branding kota kita, Kota Beribu Senyuman, jadi kita wajib memberikan pelayanan terbaik," sebut Molen.

Disamping itu lanjutnya, Muskomwil nantinya akan menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi di Kota Pangkalpinang agar kembali menggeliat, seperti sebelum pandemi Covid-19 terjadi beberapa waktu lalu. Hal itu seperti tema yang akan diusung, yakni tentang pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 yang diharapkan dapat membawa dampak kepada seluruh masyarakat.

Sedikitnya, ada 12 kepala daerah bersama istri dan rombongan yang akan mengunjungi Pangkalpinang. Oleh karenanya, dia berharap momen tersebut dapat dimanfaatkan secara baik oleh semua pelaku usaha yang ada.

Mulai dari wali kota Metro, Lampung, Pagar Alam, Prabumulih, Lubuk Linggau, Palembang, Bogor, Jambi dan Pangkalpinang. Pihaknya memastikan akan memberikan pelayanan terbaik dari kedatangan hingga kepulangan mereka.

Dengan kegiatan itu, diharapkan mampu memberikan multiplier efek yang bagus bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM) di Kota Pangkalpinang.

"Event yang baik untuk kita memperkenalkan daerah kita juga event yang baik untuk membangkitkan ekonomi kota kita yang selama dua tahun ini sepi kegiatan-kegiatan. Dan ini menjadi awal setelah Covid-19," imbuh Molen.

Seperti yang diketahui, para kepala daerah akan diajak diagendakan mengikuti beberapa kegiatan, mulai dari bersepeda bersama menggunakan sepeda PGK menuju Tins Gallery. Kemudian dilanjutkan mengunjungi Museum Timah dan melakukan pelepasan tukik di Pantai Pasir Padi.

Seluruh istri tamu undangan akan melaksanakan ladies program mengelilingi Kota Pangkalpinang dengan mengunjungi galeri dekranasda, dan museum cual. Sedangkan pada hari ketiga, seluruh tamu undangan dipersilahkan untuk melakukan perjalanan mandiri ke tempat yang mereka inginkan.

Pemerintah Kota Pangkalpinang juga telah mempersiapkan liaison officer (LO) yang baik, termasuk memenuhi segala kebutuhan yang diinginkan dan diperlukan oleh setiap kepala daerah dan tamu undangan khusus, dari mulai kedatangan hingga selesainya acara.

Molen optimistis, dengan diselenggarakannya acara itu, akan menimbulkan efek positif untuk memotivasi, menstimulus perekonomian baru agar tumbuh di Kota Pangkalpinang.

Dia berharap dapat mendorong para pengusaha lokal maupun nasional untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini, sekaligus untuk menampilkan atau mengenalkan berbagai tipe dan unggulan yang dimiliki. Dengan demikian, egiatan ini dapat dimanfaatkan dan dijadikan ajang atau peluang untuk melaksanakan kerjasama di segala bidang.

"Mudah-mudahan ini nanti memberi efek yang baik kepada masyarakat kita baik UMKM kita dan yang lainnya," kata Molen. (Bangkapos.com/Cepi Marlianto)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved