Advetorial

LKPj Bupati Belitung Timur Tahun 2021, DPRD Beri Catatan dan Rekomendasi

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Belitung Timur memberikan sejumlah catatan dan rekomendasi LKPJ Tahun 2021.

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: Tedja Pramana
Pos Belitung

POSBELITUNG.CO - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) memberikan sejumlah catatan dan rekomendasi terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun 2021.

Ini sebagai menjadi masukan arah kebijakan selanjutnya bagi pemerintah daerah agar lebih baik lagi di masa mendatang.

Catatan disampaikan dalam Rapat Paripurna Istimewa II Masa Persidangan II DPRD Belitung Timur Tahun Sidang 2022, Senin (23/5).

Ketua DPRD, Fezzi Uktolseja mengatakan, LKPJ tersebut merupakan tugas umum pemerintahan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dalam periode tertentu.

Selain itu merupakan bagian dari evaluasi kinerja kepala daerah sekaligus sebagai pertanggungjawaban publik atas amanah jabatan yang diembannya.

Penyerahan Dokumen Catatan dan Rekomendasi DPRD atas LKPJ Bupati tahun  2021 dalam Sidang Paripurna Istimewa, Senin (23/5/2022)
Penyerahan Dokumen Catatan dan Rekomendasi DPRD atas LKPJ Bupati tahun 2021 dalam Sidang Paripurna Istimewa, Senin (23/5/2022) (Pos Belitung)

Hal ini sejalan dengan Undang undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, yakni setiap tahunnya kepala daerah memiliki kewajiban memberikan laporan pertanggungjawaban kepada DPRD, serta menginformasikan kepada masyarakat.

Namun demikian, DPRD bisa memaklumi jika ada capaian yang belum sesuai harapan lantaran memang ada badai pandemi Covid-19 dan berdampak pada hampir semua sendi kehidupan.

"LKPj yang disampaikan ini juga dalam fungsi pengawasan dan evaluasi internal DPRD dalam penyelenggaraan pemerintah daerah. Secara garis besar dokumen LKPj Bupati Belitung Timur yang diserahkan kepada DPRD telah menyajikan data dan informasi sebagaimana yang diamanahkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2022, dan memenuhi kriteria layak secara regulasi maupun substansi," katanya.

Beberapa catatan dan rekomendasi diberikan oleh DPRD, seperti dalam bidang pendidikan, kesehatan, hingga pariwisata dan ketenagakerjaan.

Misalnya di bidang pendidikan masih banyaknya siswa yang dropout karena kurangnya edukasi betapa pentingnya mengenyam pendidikan. Lalu di sektor kesehatan masih kurangnya pelayanan kepada masyarakat seperti dalam penyediaan darah.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved