145 Siswa Angkatan Pertama SMK Negeri 1 Sijuk Diwisuda

Kepada peserta didik calon alumni, Bismi berharap ilmu yang didapat selama 3 tahun, bisa jadi anak tangga yang kokoh buat menaiki tangga berikutnya.

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: Novita
Istimewa/Dokumentasi SMKN 1 Sijuk
Foto bersama wisudawan/wisudawati terbaik dalam acara perpisahan sekolah SMK Negeri 1 Sijuk. 

BELITUNG - Rabu (18/5/2022) menjadi hari bersejarah bagi SMK Ne­geri 1 Sijuk. Sekolah pariwisata yang didirikan pada 2019 ini, untuk pertama kalinya mewisuda peserta didik. Totalnya sebanyak 145 siswa yang diwisuda, terdiri dari 92 orang program Keahlian Perhotelan dan program Keahlian Usaha Perjalanan Wisata (UPW) berjumlah 53 siswa.

Suasana haru mewarnai acara wisuda dan pelepasan kelas XII angkatan pertama ini.  Banyak yang meneteskan air mata, tatkala seorang perwakilan peserta didik, Elwindry, menyanyikan lagu berjudul “Ayah” yang dipolulerkan grup band Seventen.

-
 Prosesi wisuda siswa-siswi SMK Ne­geri 1 Sijuk, Rabu (18/5/2022). (Istimewa/Dokumentasi SMK N 1 Sijuk)

Tak terasa waktu terus berganti. Hari ini, tiga tahun lalu merupakan awal SMK Negeri 1 Sijuk membuka Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPBD). Sebagai SMK Negeri pertama yang didirikan di Kecamatan Sijuk, antusiasme masyarakat Sijuk, terutama yang berada di seputaran Desa Tanjung Binga, Desa Keciput, dan Desa Terong, sangat luar biasa.  Hal ini terlihat dari membeludaknya peserta didik lulusan SMP yang mendaftar.

Tercatat ada sekitar 160 peserta didik yang mendaftar dan diterima, yang terbagi dalam lima rombongan belajar (rombel). Yakni tiga rombel Program Keahlian Perhotelan dan dua rombel UPW.

Pengawas Bina, Sutra Indaini, meng­atakan, peserta didik yang sebentar lagi akan diwisuda agar terus meng-upgrade (meningkatkan) pengetahuan dan informasi. Sebab tantang­an ke depan semakin berat, terutama dalam menghadapi persaingan global.

“Kalian tidak lagi bersaing antar kalian, tapi bisa bersaing dari negara lain,” ujarnya saat memberikan kata sambutan.

foto bersama wisudawan/i terbaik dalam acara perpisahan sekolah SMK N 1 Sijuk
Foto bersama wisudawan/wisudawati terbaik dalam acara perpisahan SMKN 1 Sijuk. (Istimewa/Dokumentasi SMKN 1 Sijuk)

Ketua Komite, Suherman, lebih menitikberatkan pada sejarah berdirinya sekolah, bagaimana perjuangan mendirikan SMK Negeri 1 Sijuk yang penuh tantangan. Mulai dari penentuan lokasi sampai keberadaan status tanah tempat rencana sekolah didirikan.

“Saya berharap perjuangan ini tidak disia-siakan, mari kita bersama membesarkan sekolah ini,” ucapnya.

Perwakilan orang tua siswa, Kurnadi, berterima kasih kepada pihak sekolah, para guru dan pegawai SMK Ne­geri 1 Sijuk yang telah memberikan pelayanan kepada peserta didik selama tiga tahun. Tentu banyak suka dan duka yang dialami bapak ibu guru selama mengajar.

“Terima kasih sekaligus permohonan maaf kami selaku orang tua, apabila selama proses pendidikan di sekolah ada hal-hal yang kurang berkenan yang telah diperbuat anak-anak kami,” kata Kurnadi.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved