Pilpres 2024

Jokowi Berpotensi Jadi King Maker Pilpres 2024, Prabowo Makin Lengket

Selain Megawati, Jokowi dinilai berpotensi menjadi 'king maker' pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Editor: Fitriadi
Agus Suparto/IST
Pertemuan Menhan Prabowo Subianto dengan Presiden Jokowi di Istana Yogyakarta, Rabu (1/1/2020). 

POSBELITUNG.CO, JAKARTA - Joko Widodo atau Jokowi berpotensi menjadi 'king maker' pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Potensi itu itu dapat terwujud karena kekuasaan dan otoritas politiknya untuk mengumpulkan partai politik karena menyandang jabatan presiden.

Jokowi dinilai mampu mengumpulkan dukungan partai politik untuk mendukung figur yang diinginkan.

Selain Jokowi, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan), Megawati Soekarnoputri masih memiliki pengaruh kuat dalam pertarungan di Pilpres mendatang.

"Keduanya adalah king maker," kata Robi Sugara, pengaman politik dari FISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Dia menilai pilihan rasional secara politik dari dua king maker ini adalah memadukan antara Prabowo Subianto dan Puan Maharani dalam pilpres 2014.

Namun, belakangan, Jokowi bakal menggeser Megawati dan menjadi king maker di luar PDI Perjuangan pada Pilpres 2024 nanti.

Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda, menyebut poros baru Presiden Jokowi di Pilpres 2024 bakal terbentuk.

Poros baru itu terlihat seusai Jokowi memberikan sinyal kuat terkait dukungannya terhadap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pro Jokowi (Projo) di Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (21/5/2022).

"Pak Jokowi memang berpotensi besar menjadi salah satu 'king maker' di luar partai politik yang menentukan pada Pilpres 2024, di luar nama Megawati Soekarnoputri, Prabowo Subianto, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan ada nama Pak Surya Paloh yang memegang tiket partai," kata Hanta, Selasa (24/5/2022), dilansir Kompas.com.

Jokowi dinilai mampu mengumpulkan dukungan partai politik untuk mendukung figur yang diinginkan.

"Dan Pak Jokowi juga bakal mampu mengumpulkan dukungan partai politik untuk mendukung figur yang diinginkan," jelas Hanta.

Meski demikian, Hanta menilai, hal tersebut tidak menutup kemungkinan PDIP dan Jokowi akan bersatu pada Pilpres 2024.

Ketua Umum Gerindra Makin Akrab dengan RI1

Halaman
1234
Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved