Advertorial

Menparekraf Sandi Total Dukung Belitung, Bupati Ajak Geber Promosi Produk UMKM

BUPATI Belitung H Sahani Saleh SSos (Sanem) menyambut baik duku­ngan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: nurhayati
IST
Perijinan Berusaha Sektor Pariwisata secara Online 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Bupati Belitung H Sahani Saleh SSos (Sanem) menyambut baik duku­ngan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno terhadap kepariwisataan dan ekraf.

Bahkan pada awal Mei 2022 lalu juga mempromosikan sedotan purun pada Sidang Umum PBB di New York, Amerika Serikat.

“Saya merasa bangga. Ini memotivasi karena produk UMKM kita ini sebenarnya tinggal menggiatkan promosi saja. Dari segi pembinaan sudah baik, begitu juga mutu dan kemasan yang terus meningkat,” kata Sahani saat mendampingi Menteri Sandi bertemu para pelaku usaha di Pendopo Tanjungkelayang, Desa Wisata Keciput, Sabtu (28/5)

Menurutnya, Belitung yang kini semakin dikenal setelah menyabet gelar sebagai UNESCO Global Geopark menjadi peluang besar bagi pelaku usaha mempromosikan produk.

Oleh karena itu produk-produk yang dikembangkan juga harus memiliki inovasi dan kreativitas serta nilai tambah seperti berbasis kearifan lokal dan ramah lingkungan.

Dalam mendukung UMKM termasuk ekonomi kreatif dari berbagai sektor mulai dari kuliner, fes­yen, kerajinan, dan lainnya, pemerintah juga menyediakan kemudahan dalam mengurus perizinan. Pelaku usaha dapat mengurus melalui online single submission (OSS) yang lebih efektif dan efisien.

“Para pelaku usaha pariwisata kini peluangnya semakin terbuka karena sudah ada satu produk lokal yang dikenal dunia. Ini tentunya juga memotivasi yang lain agar terus meningkatkan kualitas produknya,” ucap Sahani Saleh yang akrab disapa Sanem.

Selain dari sektor ekonomi kreatif, Belitung kini mengunggulkan sport tourism selain pesona bahari yang menawan. Terdapat spot-spot favorit seperti triathlon, kayak, paddle board, jet ski, open water swimming, dan bersepeda. Ini harus terus diangkat melalui gelaran event.

“Aktivitas sport tourism juga menjadi cara jitu menggaet wisatawan karena cenderung meningkatkan angka lama kunjungan hingga quality of spending agar memberikan multiplier effect bagi masyarakat,” ucap Sanem.

Menparekraf Sandiaga Uno dalam pertemuannya dengan pelaku usaha Belitung menceritakan kisahnya mempromosikan sedotan purun asal dalam Sidang Umum PBB.

Selain itu berbagi pengalaman dalam memulai usaha setelah krisis pada 25 tahun lalu.

“Di balik krisis banyak peluang usaha, saya memberikan kiat inovasi, soft skill, beradaptasi, berani mengambil risiko, dan etos kerja yang terdiri dari empat as, kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas,” katanya.

Sandi juga mengatakan, Belitung memiliki kesiapan sebagai destinasi sport tourism. Bahkan terus memberikan dukungan mulai dari saat paling sulit akibat pandemi hingga sekarang yang bangkit lagi.

“Kami akan mengantarkan sampai ke kebangkitan. Perhatian kami totalitas, kami sudah memandang beberapa event internasional dan wisata minat khusus se­perti cruise, sport tourism, sampai balon udara, semua akan ditindaklanjuti,” katanya.

Pada agendanya ke Belitung akhir pekan kemarin, Menteri Sandi mengawali kegiatan dalam turnamen golf, triathlon, hingga mengunjungi pelaku wisata dan pelaku ekonomi kreatif. (advertorial/del)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved