Berita Belitung Timur

Waspada Banjir Rob, BPBD Belitung Timur Ingatkan Kades Sosialisasi ke Warga

Helmi menyebut, saat ini sedang memasuki musim pancaroba, sehingga kondisi cuaca selalu berubah dengan cepat.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Novita
Pos Belitung/Disa Aryandi
Ilustrasi sejumlah rumah warga terendam banjir rob. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Belitung Timur mengeluarkan surat imbauan kepada 22 desa, agar mewaspadai terjadinya banjir rob dalam waktu dekat.

Imbauan itu dikeluarkan menindaklanjuti adanya press release yang dikeluarkan oleh BMKG terkait adanya potensi banjir rob di pesisir pantai pada kurun waktu 30 Mei-7 Juni 2022.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Belitung Timur, Helmi Akbar, mengatakan, di Belitung Timur sendiri, ada beberapa desa yang punya potensi dilanda banjir rob.

"Banjir rob terjadi karena derasnya curah hujan ditambah dengan kondisi air lait yang pasang. Hal ini harus diantisipasi sejak awal oleh masyarakat," kata Helmi kepada Posbelitung.co, Senin (30/5/2022).

Hal yang bisa dilakukan masyarakat di antaranya, menghindari beraktivitas di sekitar pesisir jika memang kondisi cuaca tidak memungkinkan. Kemudian, mengamankan barang-barang di rumah yang mudah terendam sehingga tidak mengalami kerugian.

Helmi menyebut, saat ini sedang memasuki musim pancaroba, sehingga kondisi cuaca selalu berubah dengan cepat. Karena itu, dia mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaannya.

Kepada para kepala desa juga diharapkan aktif menginformasikan mengenai potensi banjir rob ini kepada warganya, supaya bisa saling mengingatkan.

"Kewaspadaan sangat diperlukan. BPBD Belitung Timur akan terus siaga dalam masa-masa ini. Bagi masyarakat yang membutuhkan layanan darurat bisa menghubungi nomor 087869775023," kata Helmi. ( Posbelitung.co/Bryan Bimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved