Berita Belitung Timur

Setelah 15 Tahun, Akhirnya KPU Belitung Timur Akan Punya Kantor Sendiri

Lahan itu diberikan untuk membangun gedung KPU yang selama ini hanya meminjam pakai gedung pemkab lainnya.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Novita
Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Bupati Belitung Timur Burhanudin menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) bersama KPU Belitung Timur, Kamis (2/6/2022). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pemerintah Kabupaten Belitung Timur menghibahkan lahan sekitar 1.880 hektare kepada KPU Belitung Timur.

Lahan itu diberikan untuk membangun gedung KPU yang selama ini hanya meminjam pakai gedung pemkab lainnya.

Bupati Belitung Timur, Burhanudin, mengatakan, penyerahan lahan ini sudah melewati proses yang panjang sejak pemerintahan-pemerintahan sebelumnya.

"Kita selesaikan tanggung jawab kita untuk menyerahkan aset kepada KPU Belitung Timur yang ada di belakang Kemenag. Kita berikan supaya KPU bisa bekerja lebih nyaman," kata Burhanudin, Kamis (2/6/2022) di Ruang Bupati Belitung Timur.

Mengenai pembangunan gedung, dia mengatakan akan menunggu kemampuan keuangan daerah. Tapi Burhanudin memastikan hal tersebut akan diwujudkan sebagai bentuk sinergitsitas antara pemerintah daerah dengan penyelenggara pemilu.

"Perencanaan sudah ada, tinggal menunggu kemampuan keuangan daerah sajalah untuk menghibahkan kembali. Kasihan mereka tidak punya gedung definitif. Sudah seharusnya KPU diberikan perhatian serius sebagai penyelenggara pemilu," tuturnya.

Sementara itu, Ketua KPU Belitung Timur, Rizal, mengatakan, rencana hibah lahan kepada KPU sebenarnya sudah lama sejak tahun 2005. Namun hal tersebut baru terealisasi pada tahun 2022 di masa pemerintahan Burhanudin-Khairil Anwar.

"Atas nama KPU dan KPU RI, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada pemda, karena ini adalah awal akan dibangunnya gedung permanen KPU, karena SK bupati tentang penunjukan lokasi untuk kantor dan gudang logistik sejak 2005. Alhamdulillah di masa kepemimpinan kami tahun periode 2018-2023, hal ini terwujud," kata Rizal.

Menurutnya, terlaksananya hibah lahan kepada KPU, merupakan terobosan yang bagus mengingat selama ini status kantor KPU adalah pinjam pakai. Yakni 15 tahun di Bukit Samak tanpa kejelasan aset dan di 2017 dipinjamkan gedung kantor eks Satpol PP yang saat ini dipakai.

"Tapi ini bentuk perhatian yang luar biasa dari Pemda Beltim, khususnya Bupati periode ini yang sudah menghibahkan aset berupa tanah untuk pembangunan kantor dan gudang logistik," kata Rizal.

Soal pembangunan gedung, Rizal menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah daerah. Walau diakui rencana pembangunan sudah pernah dilakukan dengan DED lengkap dari dinas teknis.

"Kami juga perlu bersabar karena kemampuan keuangan daerah dalam beberapa tahun terakhir tidak bisa melaksanakan pembangunan fisik, khususnya untuk KPU. Ketika ini sudah diserahkan, pemda bisa memberikan bantuan hibah pembangunan," kata Rizal. ( Posbelitung.co/Bryan Bimantoro)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved