Berita Belitung

Basarnas Pangkalpinang Gelar Pelatihan Potensi SAR di Belitung

Kantor Basarnas Kelas B Pangkalpinang menggelar pelatihan potensi SAR (teknik pertolongan di atas permukaan air) di wilayah Kabupaten Belitung.

Penulis: Dede Suhendar | Editor: nurhayati
Posbelitung.co/Dede Suhendar
Para peserta pelatihan potensi SAR (teknik pertolongan di atas permukaan air) Basarnas Kelas B Pangkalpinang berfoto bersama pada Senin (6/6/2022) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Kantor Basarnas Kelas B Pangkalpinang menggelar pelatihan potensi SAR (teknik pertolongan di atas permukaan air) di wilayah Kabupaten Belitung.

Tercatat 50 orang peserta dari TNI Polri, instansi terkait dan masyarakat mengikuti pelatihan yang dimulai semenjak tanggal 6-11 Juni 2022 di gedung SKB.

Acara dibuka oleh Direktorat Bina Potensi Basarnas Djefri Mewo bersama Staf Ahli Bidang Pemerintahan Mirang Uganda di Ruang Sidang Pemkab Belitung pada Senin (6/6/2022).

"Kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan potensi SAR khususnya di Belitung. Sehingga jika terjadi bencana atau musibah, penanganannya bisa lebih cepat, efektif dan efisien," kata Direktorat Bina Potensi Basarnas Djefri Mewo.

Ia mengakui jumlah personel Pos SAR Belitung yang masih terbatas dalam menanggulangi bencana dan musibah.

Oleh sebab itu, digelar pelatihan SAR guna meningkatkan kemampuan SDM baru untuk membantu operasi SAR.

Mengingat kondisi cuaca di Belitung tidak menentu yang berpotensi terjadinya kecelakaan pelayaran.

Staf Ahli Bidang Pemerintah Setda Kabupaten Belitung Mirang Uganda berharap dengan kegiatan itu dapat memberikan dampak positif dalam upaya meningkatkan wawasan dan pengetahuan, khususnya berkenaan dengan teknik pertolongan di atas permukaan air. 

Apalagi daerah kepulauan Bangka Belitung, khususnya Belitung memiliki potensi yang cukup besar pada sektor bahari.

Bahkan beberapa tahun terakhir ini iklim cuaca cukup beragam dan dinamis serta penuh ketidakpastian.

Hal ini menjadi suatu tantangan bagi Tim SAR untuk terus mengawasi segala aktivitas yang terjadi, baik di darat maupun laut.

"Oleh karenanya, kegiatan ini dapat menjadi wadah edukasi bagi peserta, khususnya untuk memahami terkait langkah-langkah yang bisa diambil dalam melakukan upaya pertolongan dan penyelamatan aktivitas di laut," katanya.

( Posbelitung.co/Dede Suhendar)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved