BRGM Tingkatkan Kesadaran Pemeliharaan Mangrove lewat Rumah Literasi di Belitung

BRGM meresmikan Rumah Literasi Mangrove untuk meningkatkan pemahaman generasi muda terhadap ekosistem mangrove.

DOK. Humas BRGM
Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) bersama Majelis Lingkungan Hidup (MLH) Pimpinan Pusat Muhammadiyah membangun Rumah Literasi Mangrove (Education Centre) di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Muhammadiyah Gantung, Kabupaten Belitung Timur, Minggu (5/6/2022). 

POSBELITUNG.co – Indonesia memiliki hutan mangrove seluas 3,36 juta hektar (ha) yang mampu menyimpan karbon 17 persen dari cadangan blue carbon dunia.

Selama ini, mangrove dikenal berfungsi sebagai salah satu pencegah abrasi dan tempat hidup berbagai macam biota laut.

Namun, kesadaran masyarakat untuk menjaga lahan mangrove masih kurang. Lahan mangrove sering dialihfungsikan menjadi perkebunan sawit dan tambak. Ada pula perusakan kayu bakau untuk dijadikan arang.

Melihat hal tersebut, BRGM)'>Badan Restorasi Gambut dan Mangrove ( BRGM) bersama Majelis Lingkungan Hidup (MLH) Pimpinan Pusat Muhammadiyah membangun Rumah Literasi Mangrove (Education Centre) di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Muhammadiyah Gantung, Kabupaten Belitung Timur.

Rumah literasi itu diresmikan untuk memeriahkan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dirayakan setiap 5 Juni.

Adanya Rumah Literasi Mangrove diharapkan bisa menjadi sarana untuk meningkatkan pemahaman generasi muda terhadap ekosistem mangrove.

Baca juga: Kapolres Belitung Timur: Kami Usut Tuntas Tentang Polemik PEN Rehabilitasi Mangrove

“Pengembangan rumah literasi ini harus dilanjutkan dan diharapkan dapat menjadi salah satu tujuan wisata Belitung Timur,” ucap Deputi Bidang Edukasi dan Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan Myrna A Safitri dalam siaran pers, Selasa (7/5/2022). 

Myrna pun berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung Timur, khususnya bupati dan jajarannya, serta Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Dia juga berharap, MTs Muhammadiyah Gantung dapat mengintegrasikan materi perlindungan mangrove ke dalam modul pembelajaran. 

Sementara itu, Bupati Belitung Timur Burhanudin berharap, Rumah Literasi Mangrove dapat digaungkan kepada publik agar dapat memberikan pengetahuan tentang mangrove.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved