Berita Bangka Tengah

Panik Ketika Lihat Percikan Api, Motor Terbakar Saat Mengisi BBM di SPBU Kurau Bangka Tengah

Masyarakat yang mengisi bahan bakar minyak (BBM) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) harus lebih berhati-hati.

Penulis: Arya Bima Mahendra | Editor: nurhayati
Ist/Tangkapan Layar Video Amatir Warga
Tangkapan layar video satu unit motor yang terbakar saat mengisi BBM di SPBU Kurau, Bangka Tengah, Kamis (9/6/2022) sore. 

POSBELITUNG.CO -- Masyarakat yang mengisi bahan bakar minyak ( BBM) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar ( SPBU) harus lebih berhati-hati.

Pasalnya banyak kejadian kendaraan saat mengisi BBM terbakar karena terjadi korsleting di bagian mesin.

Seperti yang dialami seorang perempuan  di Desa Kurau Barat, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  pada Kamis (9/6/2022) sekitar pukul 16.00 WIB yang motornya terbakar saat mengisi BBM di SPBU 24.331.148 .

Kejadian nahas ini sempat direkam oleh beberapa pengendara yang melintas. Saat kejadian terlihat api  menyala di dekat salah satu dispenser SPBU.

Baca juga: Dua Pencuri di Bangka Barat Ditangkap saat Hendak Kabur, Ketika Digeledah Ditemukan 13 Paket Sabu

Baca juga: Peluang Industri Pohon Aren, Arsani Sebut Beltim Berpotensi Menjadi Penghasil Aren Terbesar di Dunia

Pada postingan video berdurasi beberapa detik itu, terlihat petugas SPBU dan warga sekitar berusaha memadamkan api yang membumbung tinggi hingga hampir mengenai atap SPBU.

Dari pantauan Bangkapos.com malam hari sekitar pukul 19.00 WIB terlihat beberapa garis polisi terpasang di salah satu dispenser dan gerbang pintu masuk SPBU.

Terlihat beberapa petugas tampak membersihkan sisa-sisa kebakaran yang membuat lantai dan atap SPBU menjadi kotor menggunakan selang air.

Tangkapan layar video satu unit motor yang terbakar saat mengisi BBM di SPBU Kurau, Bangka Tengah, Kamis (9/6/2022) sore.
Tangkapan layar video satu unit motor yang terbakar saat mengisi BBM di SPBU Kurau, Bangka Tengah, Kamis (9/6/2022) sore. (Ist/Tangkapan Layar Video Amatir Warga)

Menurut Ramadan, Kuasa SPBU sekaligus saksi mata kejadian tersebut mengatakan bahwa tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam kejadian ini.

Ia mengungkapkan, kronologi kejadian bermula ketika ada seorang ibu yang sedang mengisi BBM.

"Jadi bukan SPBU-nya yang kebakar, tapi motor orang yang lagi isi BBM," jelas Ramadan.

Ia mengatakan, ketika itu keluar percikan api dari motor dan membuat perempuan tersebut panik sehingga menyebabkan motornya terjatuh.

Kemudian, api langsung menyambar dengan cepat hingga menyebabkan seluruh bodi motor diselimuti api.

"Untung tadi para pegawai kami sigap dan langsung menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) yang memang tersedia di setiap sudut SPBU," ungkap Ramadan.

Ia mengaku sangat bersyukur karena api bisa dipadamkan dalam kurun waktu kurang lebih 10 menit dengan dibantu oleh warga sekitar.

Halaman
12
Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved