Pelatihan Pemanfaatan FABA PLTU Belitung bersama Bhabinkamtibmas Polres Belitung

Ia menambahkan, pelatihan yang digelar selama sehari itu pesertanya terdiri dari unsur Bhabinkamtibmas dan pegawai PLTU.

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: Novita
Istimewa/dok. PLTU Suge
Deputi Manajer Operasional dan Pemeliharaan PT PJBS PLTU SUGE Belitung, Franciscus Aries, memberikan cendera mata kepada Kapolres Belitung, AKPB Tris Lesmana Zeviansyah, pada pembukaan pelatihan pemanfaatan FABA, Senin (6/6/2022). 

BELITUNG - PT PLN Persero bekerja sama dengan Koprs Pembinaan Masyarakat (Korbinmas) Baharkam Polri mengadakan pelatihan pemanfaatan Fly Ash and Bottom Ash (FABA) atau material abu sisa pembakaran. Kegiatan dilaksanakan secara serentak di 46 titik PLTU pada Senin (6/6/2022), termasuk PLTU Suge yang menggandeng Polres Belitung.

Deputi manajer operasional dan pemeliharaan PT PJBS PLTU SUGE Belitung Franciscus Aries memberikan cinderamata kepada kapolres belitung AKPB Tris Lesmana Zeviansyah pada pembukaan pelatihan pemanfaatan FABA, Senin (6/6/2022)
Deputi manajer operasional dan pemeliharaan PT PJBS PLTU SUGE Belitung Franciscus Aries memberikan cendera mata kepada kapolres belitung AKPB Tris Lesmana Zeviansyah pada pembukaan pelatihan pemanfaatan FABA, Senin (6/6/2022) (Istimewa/Dok. PLTU Suge)

Deputi Manajer Operasi dan Pemeliharaan PT PJBS PLTU Suge, Franciscus Aries S, bersama Kapolres Belitung, AKBP Tris Lesmana Zeviansyah, hadir menyaksikan pembukaan oleh Kakorbimas Baharkam Polr Irjen Pol Suwondo secara zoom.

“Kegiatan pelatihan pemanfaatan FABA itu dilaksanakan secara serentak termasuk PLTU Belitung,” ujar Aries, Rabu (8/6/2022).

Ia menambahkan, pelatihan yang digelar selama sehari itu pesertanya terdiri dari unsur Bhabinkamtibmas dan pegawai PLTU. Mereka selanjutnya diharapkan menjadi penyambung lidah kepada masyarakat terkait pemanfaatan FABA.

Sejak terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pengelolaan dan Perlindungan Lingkungan Hidup, PLTU Belitung terus berinovasi memanfaatkan FABA menjadi produk skala uji coba seperti tetrapod, paving block, benton pracetak,  dan lainnya.

“Nanti bisa bahan baku FABA dari kami dan kami bisa dampingi pelatihannya,” kata Aries.

-
 (Istimewa/Dok. PLTU Suge)

Kasat Binmas Polres Belitung, AKP Hamdan, menambahkan, selain mendapatkan teori dalam pelatihan, para Bhabinkamtibas juga praktik membuat paving block, batako, serta melihat hasil produksi berbahan FABA. Mereka dipilih karena merupakan personel yang paling dekat dengan masyarakat sesuai tupoksinya.

Harapannya, mampu melihat potensi masyarakat baik kelompok maupun UMKM yang bersedia mengelola FABA untuk peningkatan ekonomi.

“Jadi diharapkan pada para Bhabin ini, kalau sudah ikut pelatihan, bisa mengajari masyarakat yang berpotensi mengembangkan itu,” kata AKP Hamdan.

Hamdan menambahkan tidak menutup kemungkinan pemanfaatan FABA melibatkan desa-desa untuk infrastruktur. (Advertorial/Dede Suhendar)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved