advertorial

FABA PLTU Belitung Terbukti Bermanfaat, Bupati Siap Kerja Sama

Bupati Belitung Sahani Saleh mengapresiasi upaya pltu suge dalam pemanfaatan FABA guna mendukung pembangunan infrastruktur di belitung.

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: Tedja Pramana
POSBELITUNG/DEDE S
Bupati Belitung Sahani Saleh melihat produksi hasil pemanfaatan FABA yang dilakukan PLTU Suge pada Jumat (17/6/2022) 

POSBELITUNG.CO - Bupati Belitung, H Sahani Saleh (Sanem) mengapresiasi upaya PLTU Suge dalam pemanfaatan Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) guna mendukung pembangunan infrastruktur di Belitung.

Itu dibuktikan direalisasikannya pilot project pengecoran halaman TPQ Al Hidayah di Dusun Suge, Desa Pegantungan, Kecamatan Badau yang memanfaatkan FABA.

Bupati Belitung Sahani Saleh melihat produksi hasil pemanfaatan FABA yang dilakukan PLTU Suge pada Jumat (17/6/2022)
Bupati Belitung Sahani Saleh melihat produksi hasil pemanfaatan FABA yang dilakukan PLTU Suge pada Jumat (17/6/2022). (POSBELITUNG/DEDE S)

Pengecoran area 350 meter persegi dan tebal 20 cm itu menggunakan komposisi FA 40 persen, BA persen, semen 20 persen dan kerikil lima persen tanpa bahan aditif, tanpa pasir tambahan dan tanpa besi tulang terbukti kuat dan aman dengan hasil uji kuat tekan K200 pada umur lima hari.

"Tadi sudah lihat paparan pemanfaatan FABA ini, terbukti bagus sekali. Apalagi sudah ada baku mutu sehingga aman untuk dimanfaatkan," ujar Bupati Sanem, Jumat (17/6).

Selain mendukung infrastruktur, Sanem menyebut akan mendukung pemanfaatan FABA untuk mereklamasi lahan bekas tambang, stabilisasi lahan, penetralisir air asam tambang dan insfrastruktur jalan desa.

Perbaikan lingkungan akibat aktivitas tambang akan menjadi prioritas agar lahan-lahan yang rusak bisa dimanfaatkan kembali.

-
- (POSBELITUNG/DEDE S)

Oleh sebab itu, dalam waktu dekat pihaknya menyusun dokumen kerja sama dengan PLTU Suge agar pemanfaatan FABA lebih masif dan mendukung sirkular economy. Nantinya bupati juga akan meresmikan project pengecoran halaman dan pembangunan pagar TPQ Suge berbahan FABA.

"Iya nanti kami akan buatkan dokumen perjanjiannya dalam hal pemanfaatan FABA ini," ucapnya.

(advertorial/dede suhandar)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved