Berita Belitung

Puluhan Produk UMKM Beltim Telah Terverifikasi Halal, Ini Kata Gustaf Pilandra

10 produk UMKM Beltim diungkapkannya telah masuk di retail modern. Hal ini sebagai upaya untuk memberdayakan UMKM lokal agar dapat bersaing.

Editor: Tedja Pramana
Posbelitung.co/Akhmad Rifqi Ramadhani
Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil dan Menegah (Disnakerkop) Beltim, Gustaf Pilandra. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Puluhan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Belitung Timur (Beltim) telah ber sertifikat halal.

Pernyataan ini disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil dan Menegah (Disnakerkop) Beltim, Gustaf Pilandra pada Sabtu (18/6/2022) siang.

“Kita kalau bicara produk UMKM ini sebanyak 11.000 yang ada di Beltim, tapi produk produk ini intinya yang ada sertifikat halal itu ada puluhan. Jadi di Kongres halal ini kita prioritaskan mereka yang telah memiliki sertifikat halal,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan pembuatan sertifikat halal UMKM di Beltim sangat memperhatikan kualitas produk di banding kuantitas.

“Pembuatannya lewat MUI dan Badan POM. Jadi kita menggandeng mereka sesuai arahan, kita lebih mengutamakan kualitas dibanding kuantitas,” kata Gustaf.

Oleh karena itu kata dia Disnakerkop akan selalu membantu dan membina UMKM baik dari pemasaran maupun kemasan. Dan sebagai informasi, 10 produk UMKM Beltim diungkapkannya telah masuk di retail modern. Hal ini sebagai upaya untuk memberdayakan UMKM lokal agar dapat bersaing dengan produk lainnya.

Tidak hanya itu, kata dia kata dia setiap tahun ada sekitar 30 UMKM di Beltim yang diajukan untuk mendapatkan sertifikat halal. Namun harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan.

"Indikator pengajuan sertifikat halal harus punya izin, punya nomor induk berusaha (NIB) , PIRT serta surat higienis yang langsung diaudit oleh LPPOM," ucapnya.

Seperti diketahui pada Kamis (16/6/2022) para peserta Delegasi Kongres Halal Internasional mengunjungi rumah dinas Bupati Beltim di Manggar yang mana momentum tersebut dimanfaatkan oleh Pemkab Beltim untuk memamerkan produk UMKM unggulan yang telah terrverifikasi halal.

(Posbelitung.co/Akhmad Rifqi Ramadhani)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved