Advertorial

Pelatihan Kepemimpinan Administrator BPSDM Kemendagri 2022, Dua Pejabat Belitung Terbaik III

Aksi Perubahan Kinerja Organisasi yang dipresentasikan Zakina berjudul Layanan Keprotokolan dan Komunikasi Pimpinan melalui Aplikasi "WAUU Belitung

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: M Ismunadi
IST
Peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator Kemendagri 2022 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Dua peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator BPSDM Kemendagri 2022 dari Kabupaten Belitung menyandang peringkat istimewa atau Juara Terbaik Ketiga tersebut, atas nama Dr. Zakina, S.Sos.,. M.Si., yang sekarang menjabat sebagai Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Belitung dan Riyadi, S.TP., M.Si . sebagai Kepala Bidang Penganggaran di BPKAD Kabupaten Belitung.

Zakina dan Riyadi mengikuti penilaian penguji pada Sidang Aksi Perubahan Kinerja Organisasi, Rabu (15/6) yang kemudian ditampilkan lagi dalam Pameran Inovasi BPSDM Kemendagri, Kamis (16/6). Adapun muatan kriteria penilaian terkait pada output inovasi yang dihasilkan sesuai rancangan aksi perubahan yang telah diseminarkan pada 1 April lalu.

Selain itu juga didasarkan pada kualifikasi pemaparan dan penguasaan masalah, kemampuan komunikasi pada saat presentasi, nilai kemanfaatan baik bagi individu, organisasi maupun masyarakat. Pastinya pula aksi perubahan yang telah dilakukan tersebut harus memiliki nilai kebaruan yang tinggi, kreatif, efektif dan efisien untuk diterapkan pada organisasi kerja masing-masing.

Aksi Perubahan Kinerja Organisasi yang dipresentasikan Zakina berjudul Layanan Keprotokolan dan Komunikasi Pimpinan melalui Aplikasi "WAUU Belitung". Melalui aplikasi ini, Zakina berupaya mentransformasi media informasi manual ke digitalisasi guna optimalisasi pelayanan prima serta tugas pokok dan fungsi (tupoksi) pada bagian prokopim, utamanya dalam hal pengolahan dan penyajian data/informasi tentang Belitung untuk keperluan presentasi dan komunikasi pimpinan.

Selain itu, dihadirkan pada aplikasi WAUU Belitung fitur-fitur tentang Undang-Undang Keprotokolan dan Agenda Kegiatan Pimpinan yang sudah semestinya diinformasikan kepada publik sebagai perwujudan amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Kompilasi fitur-fitur yang beragam untuk mewakili berbagai keperluan pelayanan dan komunikasi pimpinan juga dititikberatkan pada penyajian data dan informasi tentang tiga sektor unggulan daerah, yakni pariwisata, perikanan dan kelautan, serta Perhubungan.

Begitu juga peluang investasi di Kabupaten Belitung berikut produk-produk unggulan UMKM yang biasanya dipromosikan di luar daerah dan juga luar negeri ketika ada ajang pameran potensi daerah. Bagian prokopim menjadi leading sektor atau koordinator event dimaksud. Melalui presentasi digitalisasi konten-konten ini dapat lebih efektif, efisien, faktual, serta senantiasa update data dan informasi yang tersaji.

Visualisasi yang dinamis juga di-link-kan dengan video berita informasi di channel YouTube dan website Pemkab Belitung. Hanya lewat scan barcode WAUU Belitung siapa saja dapat mengetahui informasi Belitung, untuk kemudian disebarluaskan lagi kepada publik lainnya, sehingga jangkauan informasinya bisa lebih luas.
Atas inovasi aksi perubahan kinerja ini diharapkan Belitung bisa menjadi pilot project atas layanan keprotokolan dan komunikasi pimpinan.

Sementara itu, Riyadi mempresentasikan judul Aksi perubahan kinerja organisasi: Penataan Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah di Kabupaten Belitung. Tujuannya adalah peningkatan kualitas pengelolaan keuangan daerah sesuai regulasi dan ketentuan yang berlaku.

Sedianya sama seperti peserta lainnya, Riyadi juga telah melakukan aksi perubahan pada 1 April lalu bersama dengan 40 peserta dari berbagai kabupaten/kota se-Indonesia pada Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan 1 di Lingkungan Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah yang diselenggarakan oleh BPSDM Kemendagri-RI. Kegiatan berlangsung sejak 21 Februari hingga 17 Juni 2022, dengan sistem pembelajaran blended (campuran) online, off campuss dan on campuss.

Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, H MZ Hendra Caya SE MSi yang turut hadir sebagai tamu undangan kehormatan dalam Pameran Inovasi pada PKA BPSDM Kemendagri, Kamis (16/6), mendukung inovasi-inovasi, ide, serta gagasan kreatif yang disumbangkan oleh para pejabat administrator yang mengikuti PKA Angkatan 1 ini dari Belitung. Penerapan inovasi yang tepat kiranya benar-benar dapat mengubah budaya organisasi yang tidak lagi sejalan dengan perkembangan zaman.

"Semoga dapat bermanfaat dan memiliki nilai keberlanjutan di masa yang akan datang untuk Belitung yang maju dan berdaya saing," kata Hendra Caya.

Pada PKA tersebut, peserta terbaik pertama berasal dari Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) dan terbaik kedua dari Kota Tangerang.

Selama mengikuti sidang seminar tersebut, masing-masing peserta PKA dari Belitung yang berjumlah lima orang mendapatkan pendampingan dari mentor sebagai atasan. Ada juga tim dari BKPSDM Kabupaten Belitung yang senantiasa mendukung dan memberikan fasilitasi terbaik dalam kerangka pengembangan kompetensi sumber daya aparatur sesuai Visi Misi Belitung. (advertorial/prokopim)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved