Berita Belitung Timur

Puluhan Hewan Ternak di Belitung Timur Terjangkit PMK Jelang Iduladha, Ini yang Dilakukan Distangan

Setelah mendapat kepastian terjangkit PMK, lanjutnya, seluruh hewan langsung diisolasi mandiri di kandang peternak di Gantung, Belitung Timur.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Novita
Bangkapos.com/Edwardi
Ilustrasi sapi. Sebanyak 27 hewan ternak di Beltim dinyatakan positif PMK setelah melalui pemeriksaan di Balai Veteriner Lampung. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) masih jadi masalah serius pada hewan ternak.

Sebanyak 27 hewan ternak di Belitung Timur dinyatakan positif PMK setelah melalui pemeriksaan di Balai Veteriner Lampung.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan (Distangan) Belitung Timur, Heru Indramarta, mengemukakan, hewan yang terdiri dari 18 kambing dan 9 sapi itu akan menjadi hewan kurban pada perayaan Iduladha tahun ini.

Setelah mendapat kepastian terjangkit PMK, lanjutnya, seluruh hewan langsung diisolasi mandiri di kandang peternak di Gantung. Di sana, hewan-hewan itu sudah mendapat penanganan intensif supaya bisa cepat sembuh.

"Calon hewan kurban tersebut didatangkan dari Lampung yang baru masuk ke satu peternak di Belitung Timur. Kami saat ini sudah melakukan pengobatan terhadap sapi dan kambing yang terjangkit PMK," kata Heru, Rabu (29/6/2022).

Bupati Belitung Timur, Burhanudin, menegaskan, bahwa PMK tidak berbahaya terhadap manusia. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir, namun tetap perlu hati-hati dalam memilih daging ternak.

Dia mengimbau agar para peternak hewan, khususnya sapi dan kambing, supaya memeriksakan kesehatan hewan ternaknya ke dinas terkait. Ditambah, sebentar lagi Iduladha jadi harus dipastikan steril dari PMK.

"Yang dirugikan di sini sebenarnya adalah peternak karena penyakit ini bisa sangat mematikan bagi hewan. Jadi harus kooperatif melaporkan kepada dinas supaya bisa ditangani cepat," imbuhnya.

"Jika tidak dilaporkan, jadi masyarakat resah dan akhirnya penjualan daging juga akan turun. Penjual juga yang rugi. Jadi ayo sama-sama kita berantas PMK ini dari Belitung Timur," ucap Burhanudin.

Dia berharap, saat nanti Iduladha seluruh hewan ternak yang ada di Belitung Timur bisa bebas PMK supaya masyarakat tidak usah ragu-ragu membeli daging kurban. ( Posbelitung.co/Bryan Bimantoro)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved