Berita Viral

Petani Ramai-ramai Jual TBS Sawit Ke Malaysia

Beredar video viral sejumlah petani ramai-ramai menjual Tandan Buah Segar (TBS) Sawit ke negeri tetangga Malaysia.

Penulis: tidakada008 | Editor: Fitriadi

POSBELITUNG.CO - Beredar video viral sejumlah petani ramai-ramai menjual Tandan Buah Segar (TBS) sawit ke negeri tetangga Malaysia.

Seperti terlihat dalam unggahan diakun instagram @terangmedia pada Jumat (1/7/2022).

Belum diketahui pasti kebenaran video tersebut.

Namun diketahui saat ini harga TBS di Indonesia memang anjlok yakni menyentuh kisaran harga dibawah Rp 1.500 per Kg.

Seperti halnya Indonesia, Malaysia pun mengalami goncangan akibat anjolknya harga sawit.

Namun dari inforasi yang dirangkung, harga TBS di Negeri Jiran tersebut masih lebih tinggi dari di Indonesia.

Hal itu dibenarkan oleh ketua Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Aspekpir Indonesia Riau Sutoyo. 

"Sehubungan dengan hal ini, maka kami ASPEKPIR Indonesia kirim surat permohonan ke Kementerian Perdagangan RI untuk minta izin supaya koperasi bisa mengekspor TBS ke Malaysia," ucapnya. 

Harga TBS di Malaysia yaitu Sabah dan Sarawak tambah Sutoyo, masih tinggi dan mereka siap menampung TBS dari Indonesia. TBS dari Kalbar terutama kota-kota yang dekat perbatasan TBSnya bisa sampai dalam 1 x 24 jam ke PKS di Malaysia. 

Seperti  petani kelapa di Sumsel, Riau dan Kepri  banyak menjadi eksportir kelapa bulat ke Singapura dan Malaysia , maka petani Kalbar terutama Koperasi anggota ASPEKPIR Kalbar juga siap mengekspor TBS ke Malaysia. 

"Untuk itu kami mohon Bapak Menteri Perdagangan dan Menteri Pertanian dapat mengizinkan kami mengekspor TBS ke Malaysia secara legal. Aspek legalitasnya bapak lebih paham dan kami akan ikuti. Kami tahu pemerintah sedang berusaha menormalkan kembali harga TBS tetapi karena sekarang posisi air sudah berada di leher kami dan bila ada ombak sedikit saja kami bisa mati tenggelam, maka solusi yang paling tepat adalah izin ekspor TBS ke Malaysia," ungkapnya.. 

Kalau di Kalbar berhasil maka koperasi anggota ASPEKPIR Riau dan Kaltim juga akan melakukan hal yang sama. "Terimakasih atas perhatianya dan kami minta segera bisa mendapat jawaban sebagai solusi atas lemahanya harga di dalam negeri," ujar Sutoyo.(*)

Artikel ini telah tayang di TribunPekanbaru.com dengan judul Video Viral Petani Ramai-Ramai Jual Sawit ke Malaysia, Akibat Harga TBS di Indonesia Rendah

 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved