Google, WhatsApp hingga YouTube akan Diblokir Kominfo, Batas Waktu Hanya Sampai 20 Juli 2022

Inilah daftar PSE, mulai dari Google hingga Youtube akan diblokor dan ditutup oleh Kominfo kalau sampai 20 juli tidak juga mendaftar di Indonesia

Editor: Hendra
Pexels
Ilustrasi: Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) asing Google, WhatsApp hingga YouTube akan Diblokir Kominfo kalau sampai 20 Juli 2022 tidak juga mendaftar di Indonesia 

POSBELITUNG.CO -- Pemerintah Indonesia melalui Kemenkominfo akan menindak tegas para Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) asing yang beroperasi di wilayah Indonesia.

Penindakan ini dilakukan berdasarakan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

Dikutip Belitung'>Pos  Belitung dari Tribunnews.com, ternyata sejumlah PSE berskala besar dan familiar di masyarakat banyak yang tidak mendaftar.

Bila sampai batas waktu hingga 20 Juli 2022 nanti mereka tidak juga mendaftar, maka Kemenkominfo akan mencapnya sebagai PSE ilegal.

Parahnya, Kemenkominfo juga akan menutup PSE yang membandel dan tidak juga mendaftarkan ke pemerintahan Indonesia.

Mengutip kominfo.go.id, Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) adalah setiap orang, penyelenggara negara, badan usaha, dan masyarakat yang menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan sistem elektronik secara sendiri-sendiri maupun bersama- sama kepada pengguna sistem elektronik untuk keperluan dirinya dan/atau keperluan pihak lain.

Pendaftaran sistem elektronik bagi instansi penyelenggara negara bertujuan mendukung kebijakan dan strategi nasional pengembangan e-Government Indonesia.

Menurut pantauan Tribunnews.com, sejumlah platform digital populer di Indonesia yang belum mendaftarkan ke Kominfo di antaranya:

PSE Lingkup Privat atau platform digital yang memenuhi syarat wajib mendaftarkan diri ke ke Kominfo paling lambat hingga 20 Juli 2022 mendatang.

Kewajiban pendaftaran PSE Lingkup Privat ini sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat yang dijadwalkan akan berlaku pada 20 Juli 2022.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved