Advertorial

Bupati Belitung Kunjungan Kerja ke Balai Besar Perikanan Budidaya Laut di Lampung dan Batam

Belitung dengan segenap potensi di sektor perikanan dan kelautan sehingga menjadi salah satu prioritas pembangunan selain pariwisata dan Perhubungan

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: M Ismunadi
IST
Bupati Belitung H Sahani Saleh SSos bersama rombongan kunjungan kerja (kunker) ke Balai Besar Perikanan Budi Daya Laut Lampung (BBPBL), Jumat (15/7/2022) 

POSBELITUNG.CO, LAMPUNG - Belitung dengan segenap potensi di sektor perikanan dan kelautan sehingga menjadi salah satu prioritas pembangunan selain pariwisata dan perhubungan harus benar-benar digarap secara serius, apalagi ke depannya Kabupaten Belitung diharapkan dapat menjadi salah satu kabupaten yang memiliki kawasan perikanan terpadu, yang direncanakan berlokasi di daerah Munsang, Sungai Padang-Sijuk.

Pernyataan ini kembali disampaikan oleh Bupati H. Sahani Saleh, Sos. saat melakukan kunjungan kerja ke Balai Besar Perikanan Budidaya Laut Lampung, Jumat (15/7/2022).

Keinginan yang sama juga pernah disampaikan pada kesempatan serupa saat melakukan kunjungan kerja serupa ke Balai Benih Ikan di Batam.

Bupati Belitung menegaskan bahwa keinginan dan harapan tersebut tidaklah hanya impian kosong tanpa didukung dengan potensi serta prasarana yang ada.

"Kualitas produk perikanan kita telah diekspor ke beberapa negara, bahkan hasil ikan kita dijadikan komoditas olahan dengan add values tinggi padahal bahan mentahnya dari Belitung. Karena itu, perlu pengembangan dan peningkatan di sektor produksi perikanan berikut pengolahannya (pabrikasi), " ungkap Sahani Saleh.

Terwujudnya Belitung sebagai kawasan perikanan terpadu, perlu pendampingan dari tenaga ahli profesional.

Dan, untuk itulah kunjungan kerja ini dilakukan dalam rangka menjalin kerjasama pada beberapa kegiatan seperti penerapan teknologi (pembenihan dan pembesaran), produksi induk dan benih unggul ikan laut serta bibit laut kultur jaringan, monitoring kesehatan ikan dan lingkungan, pelayanan uji laboratorium kualitas air, pakan ikan, dan penyakit ikan, kerjasama perekayasaan, peningkatan kualitas SDM dan hal lainnya.

Selanjutnya, dijelaskan oleh Sahani Saleh bahwa untuk kegiatan-kegiatan tersebut, Belitung telah memiliki Balai Benih Ikan di Tanjung Binga (dikelola oleh Dinas Perikanan Belitung) dan Tanjung Rusa-Membalong yang saat ini pengelolaannya oleh Pemerintah Provinsi.

Pemerintah Kabupaten Belitung berharap banyak agar dapat mewujudkan kerjasama dengan Balai Benih Ikan di beberapa kota besar di Indonesia sehingga prasarana Balai Benih Ikan di Belitung bertumbuh maju.

Dan, kolaborasi dengan sejumlah stakeholder juga siap dilakukan dalam hal pendanaan, misalnya dengan program CSR Bank Sumsel Babel.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved