Twitter dan Google akan Diblokir, Begini Nasib Instagram, Facebook, WhatsApp di Situs Kemenkominfo

Hari ini batas akhir PSE untuk mendaftar di Kemenkominfo, bila sampai batas waktunya belum juga mendaftar akan diblokir oleh pemerintah

Editor: Hendra
cnet.com
Google User 

POSBELITUNG.CO - Hari ini Rabu (20/7/2022) batas akhir bagi Penyelenggara Sistem Elekronik ( PSE) Lingkup Privat untuk mendaftarkan di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Hingga hari ini ada dua PSE yang belum juga mendaftar di situs pse.kominfo.go.id

Sedangkan Instagram, Facebook, WhatsApp, Meta Group, Netflix dan TikTok sudah terdaftar di Kemenkominfo.

Dikutip Pos Belitung dari Tribunnews.com, dua PSE yang belum mendaftar hingga saat ini adalah Google dan Twitter.

Jika batas waktunya belum juga mendaftarkan diri maka, Kemenkominfo akan memblokir dua PSE tersebut.

Baca juga: Google, WhatsApp hingga YouTube akan Diblokir Kominfo, Batas Waktu Hanya Sampai 20 Juli 2022

Direktur Aptika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, pendaftaran PSE ini wajib dilakukan oleh penyedia layanan digital.

“Ruang digital ini tidak terbatas, tidak seperti ruang fisik yang jelas ada alamatnya. Maka dari itu, kita ingin pelaku usaha ruang digital yang menargetkan market di Indonesia wajib daftar,” ucap Samuel, Rabu (20/7/2022).

Ia menjelaskan, bahwa PSE ini membuat pemerintah mengetahui layanan apa yang diberikan dan apakah memberikan pedoman dalam bahasa Indonesia.

Sementara itu menurut pengamat keamanan siber Alfons Tanuwijaya pun menilai bahwa kewajiban mengikuti pendaftaran PSE menyangkut kekuatan terhadap hukum serta peraturan.

Dengan adanya PSE ini, lanjut Alfons, posisi pemerintah tidak dalam posisi lemah terhadap PSE dimana contohnya sebelum ini OJK sebagai lembaga pengawas keuangan tertinggi di Indonesia seperti harus meminta bantuan kepada Google ketika ingin membatasi aplikasi pinjol ilegal.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved