PLN Gandeng Seluruh Komunitas di Provinsi Babel untuk Masifkan Pemanfaatan FABA

PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Bangka Belitung bersama PT PJB menggelar seminar dan pelatihan pemanfaatan FABA.

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: M Ismunadi
PLN
Istimewa 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Bangka Belitung bersama dengan PT PJB Services menggelar acara Seminar dan Pelatihan Pengolahan Fly Ash Bottom Ash (FABA) bersama seluruh unsur komunitas yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Dalam kesempatan ini dihadiri oleh Pecinta Alam, Komunitas Pecinta Lingkungan, Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS), Kelompok Maritim Muda, Komunitas Penyelam Bangka, Unsur Kelompok Tani Hutan (KTH), Unsur Media, Kelompok Masyarakat, Penggerak UMKM dan Komunitas Pecinta Tanaman.

Dalam pembukaannya, General Manager PLN UIW Bangka Belitung, Amris Adnan menyampaikan bahwa sistem kelistrikan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki 2 (dua) sistem kelistrikan besar yaitu Sistem Kelistrikan Bangka dan Sistem Kelistrikan Belitung. Dua sistem kelistrikan tersebut terdiri dari beberapa jenis pembangkit diantaranya Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) dengan bahan bakar HSD/solar dan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dengan bahan bakar batubara. _Fly Ash Bottom Ash_ (FABA) merupakan hasil pembakaran batubara dari PLTU digolongkan menjadi limbah non B3 terdaftar yang artinya FABA tidak berbahaya, tidak beracun dan aman untuk dimanfaatkan.

Di Bangka Belitung sendiri, terdapat 2 unit pembangkit berbahan batubara yaitu PLTU Air Anyir yang berada di Bangka dan PLTU Suge yang berada di Belitung. Produksi FABA dimasing-masing PLTU tersebut lebih dari 1.200 ton/bulan untuk Air Anyir dan lebih dari 750 ton/bulan di Suge.

Amris dalam keterangannya menyampaikan, untuk dapat memperoleh FABA masyarakat dapat mengambil secara gratis di lokasi PLTU terdekat. Cukup dengan mengajukan surat permintaan FABA dan melengkapi persyaratan administrasi. Masyarakat dapat memperoleh FABA yang ada di lokasi Workshop FABA di Kompleks PLTU Air Anyir di Bangka dan PLTU Suge di Belitung. Fungsi dari FABA sendiri bisa dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan diantaranya untuk pembuatan paving block/batako, beton cor, stabilisasi lahan, pembenahan tanah, panel beton U-Ditch, bollard, tetrapod dan produk lainnya.

Sementara itu, Supervisor K3 dan Kimia PT PJB Service, Andris Novani Yohannis menjelaskan proses pembuatan produk FABA diberbagai daerah di Indonesia. Bahkan dalam paparannya disampaikan proses pembuatan pengecoran jalan beton FABA termasuk cara pengolahan dan komposisinya yang pas, kegunaan FABA sebagai penetral keasaman tanah pada berbagai jenis tanaman, bahan baku pupuk, beton precast, tetrapod, paving block, dan pembuatan batako.

Di sesi terakhir seluruh peserta seminar dan pelatihan FABA di perlihatkan cara pembuatan batako dan paving block yang berada pada area PLTU Air Anyir dengan harapan seluruh peserta mendapatkan gambaran dan memahami variasi pemanfaatan FABA ini.

Pada penghujung acara juga disampaikan penggunaan aplikasi PLN Mobile yang bisa didownload di AppStore dan PlayStore di smartphone masing-masing peserta. Aplikasi ini memudahkan pelanggan untuk seluruh pelayanan yang berkaitan kelistrikan seperti pasang baru, perubahan daya, pelayanan internet, dan juga pengaduan dan laporan kelistrikan. (Advertorial)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved