Berita Belitung

Bangunan Eks Belitong Food Street Terbengkalai, Begini Penjelasan Dinas Terkait dan Wabup Belitung

Sebelum pandemi Covid-19, lokasi tersebut menjadi satu dari tempat favorit di Kecamatan Tanjungpandan.

Penulis: Disa Aryandi | Editor: Novita
Posbelitung.co/Disa Aryandi
Kondisi Food Street di Jalan Kumuning Kecamatan Tanjungpandan,Belitung, terlihat terbengkalai. Foto diambil Rabu (27/7/2022). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Nama Belitong Food Street yang berlokasi di Jalan Kemuning Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, cukup dikenal sebanyak lokasi yang menyediakan aneka jajanan, yang memanfaatkan badan jalan.

Sebelum pandemi Covid-19, lokasi tersebut menjadi satu dari tempat favorit di Kecamatan Tanjungpandan, lantaran lokasinya sangat dekat dengan sejumlah hotel di kawasan Pantai Wisata Tanjung Pendam.

Namun semenjak pandemi Covid-19, Belitong Food Street terpaksa harus ditutup hingga sekarang.

Pantauan Posbelitung.co pada Rabu (27/8/2022), plang berwarna hitam kini masih berdiri kokoh. Pada bagian tengah plang, tertulis Belitong Food Street yang sudah mulai rusak.

Sedangkan bagian tengah dari area Belitong Food Street, masih berdiri kokoh bangunan warung yang terbuat dari rangka baja. Sebagian kursi dan meja masih tersimpan di sana.

Bangunan yang sebagian memanfaatkan badan jalan aspal itu, kini terlihat kumuh dan memberikan kesan kurang baik untuk pariwisata Belitung.

Kabid Koperasi KUKM Dinas KUKMPTK Kabupaten Belitung, Budi Swasta, menyebut, area Belitong Food Street tersebut sejak tahun 2019 lalu sudah tidak dimanfaatkan lagi. Sebab komunitas yang dulu mengelola area tersebut sudah 'angkat tangan'.

"Kami sudah dua kali memanggil mereka dan jawabannya sudah 'angkat tangan'. Tetapi kemarin secara lisan, ada komunitas lain yang ingin mengelola, mencoba dulu untuk beberapa bulan," jelas Budi, Kamis (28/7/2022).

Namun, kata dia, disarankan lebih baik berjualan pada siang hingga sore hari. Pasalnya, pada malam hari pengunjung cukup sepi.

"Yang pasti, kami menunggu arahan dari atas. Kalau misalkan diminta dibongkar, maka akan kami minta komunitas yang lama membongkarnya," sebutnya.

Terpisah, Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, mengatakan, sudah memberikan instruksi kepada Dinas KUKMPTK Kabupaten Belitung untuk menyelesaikan masalah tersebut.

"Saya sudah instruksikan Dinas KUKM untuk membereskan hal tersebut. Saya minta Dinas KUKM yang memutuskan," ucap Isyak, Kamis, (28/7/2022). ( Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved