Breaking News:

Berita Belitung

Anda Alami Migrain ? Begini Saran dr Androri Maya Gita Sari Cara Mengatasinya agar Sembuh

Migrain atau nyeri kepala sebelah terjadi karena dipicu banyak faktor, satu di antara yang paling sering terjadi karena kelelahan.

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: nurhayati
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Program Konter atau Konsultasi Dokter di Facebook Pos Belitung, Kamis (4/8/2022). 

POSBELITUNG.COm BELITUNG -- Migrain atau nyeri kepala sebelah terjadi karena dipicu banyak faktor, satu di antara yang paling sering terjadi karena kelelahan.

Dokter umum yang bertugas di Polres Belitung dr. Androri Maya Gita Sari mengatakan kalau pasien secara psikologis terganggu, banyak masalah, efeknya bisa ke nyeri kepala. 

Migrain ini pun ada beberapa tahapan. Ada tahapan prodrome yang muncul 1-2 hari sebelum pasien nyeri kepala.

Dilanjutkan tahap aura, makin memberat jika terkena cahaya, terjadi sebelum saat migrain, sebelumnya serangan atau nyeri kepala hebat.

Setelah nyeri kepala ada sisa gejala yang masih dirasakan pasien walau sudah mengonsumsi obat, ini namanya tahap resolusi.

"Jika baru pertama kali merasakan migrain atau sakit kepala sebelah yakni istirahat dan minimalisir cahaya," kata Androri, dalam program Konter atau Konsultasi Dokter melalui siaran langsung di Facebook Pos Belitung, Kamis (4/8/2022). 

Jika setelah istirahat tidak ada perubahan, bisa mengonsumsi obat seperti parasetamol atau ibuprofen yang dapat membantu menghilangkan migrain. 

Rori menjelaskan, migrain ini menandakan ada sesuatu di kepala yang membuat saraf terganggu.

Jika berkelanjutan migrain bisa menyebabkan suplai darah ke otak tidak lancar, kalau terus menerus dan frekuensi sering bisa menyebabkan stroke iskemik atau stroke akibat pembekuan darah yang terjadi di otak.

Kalau durasi migrain panjang dan berulang, sebaiknya memeriksakan langsung.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved