Berita Belitung

Pemkab Belitung Siapkan Dana Rp10 Miliar Bangun Food Court Buat Pemindahan Pedagang Gedung Nasional

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung berencana membangun pusat jajanan atau food court di eks SMEP, tepatnya di Jalan Sriwijaya Tanjungpandan

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Fery Laskari
posbelitung.co
Eks SMEP di Jalan Sriwijaya, Tanjungpandan atau tepat di depan Galeri KUKM Belitung. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung berencana membangun pusat jajanan atau food court di eks SMEP, tepatnya di Jalan Sriwijaya, Tanjungpandan di depan Galeri KUKM Belitung. Bahkan dana Rp10 miliar sudah disiapkan membangun tempat yang rencananya akan direalisasikan pada 2023 mendatang.

Lokasi tersebut pun akan dipakai pedagang asongan yang kini berjualan di Halaman Gedung Nasional, termasuk pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di pinggir jalan. 

"Memperjuangkan lahan itu sudah beberapa tahun lalu untuk mengakomodir UMKM. Di bawah ruang parkir, kalau di Gedung Nasional di situ parkir di situ jualan. Parkirnya di bawah. Nanti dibangun dua tingkat, jadi (pedagang) tidak di jalanan," kata Bupati Belitung Sahani Saleh, Senin (8/8/2022). 

Pria yang akrab disapa Sanem ini mengatakan penggunaan halaman Gedung Nasional yang dipakai pedagang asongan sebenarnya di luar perkiraan dan mendadak. Apalagi sebelumnya belum ada tempat untuk mengarahkan para pedagang tersebut. 

Adanya food court akan menjadikan kondisi tempat berjualan yang lebih tertata, higienis, dan indah. Agar selanjutnya Gedung Nasional dapat berfokus sebagai gedung kesenian. 

"(Anggaran) Rp10 miliar sebenarnya lebih, dulu sempat ada DAK (dsna alokasi khusus) turun tapi lahan dipersoalkan, akhirnya menunggu hasil putusan MA, dibatalkan anggaran itu. Sekarang lahan sudah clear, kami tindaklanjuti," sambungnya. 

"Biar nyaman mengarahkan. Jalan Sriwijaya tidak ada tempat parkir, tidak boleh memungut parkir, makanya di bawah nanti dibuat tempat parkir untuk food court, di atas jualan UMKM," sambungnya. ( Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari) 

 

 

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved