Breaking News:

Berita Belitung

Pemkab Belitung Targetkan Akhir 2022 Terbentuk Tiga Desa Persiapan

Sesuai regulasi, Pj yang dimaksud seorang ASN yang mengerti di bidang pemerintahan bisa dari kecamatan atau dinas teknis.

Penulis: Dede Suhendar | Editor: Tedja Pramana
posbelitung.co
Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, DPPKBPMD Belitung, Antonio Apriza. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pemkab Belitung menargetkan pembentukan tiga desa persiapan dibentuk pada akhir tahun 2022.

Tiga desa tersebut sesuai pengajuan proposal oleh tim pemekeran yaitu Desa Air Serkuk Damai, Desa Tanjung Binga Baru dan Desa Aik Rembikang.

Namun seiring pembentukan desa persiapan, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPPKBPMD) Kabupaten Belitung akan menyelesaikan regulasi berkenaan dengan penyelesaian batas dan pemekaran.

"Jadi nanti semuanya berjalan bersamaan dan insyaallah akhir 2022 nanti akan terbentuk desa persiapan di Belitung," ujar Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, DPPKBPMD Kabupaten Belitung, Antonio Apriza pada Selasa (9/8/2022).

Menurutnya dalam satu desa persiapan akan dipimpin oleh seorang Penjabat (Pj) yang ditunjuk Bupati.

Kemudian, Pj akan membentuk struktur organisasi yang bertugas menjalankan roda pemerintahan desa.

Sesuai regulasi, Pj yang dimaksud seorang ASN yang mengerti di bidang pemerintahan bisa dari kecamatan atau dinas teknis.

Sedangkan anggaran desa persiapan untuk operasional dan siltap bersumber dari sokongan desa induk sampai menjadi desa definitif.

Besaran sokongan anggaran tersebut sesuai Perda memang tidak ditetapkan persentasenya tapi menyesuaikan kemampuan anggaran desa induk.

"Kalau di Permendagri memang disebutkan minimal 30 persen tapi di perda tidak ada. Karena adanya kewajiban anggaran dari pusat seperti BLT dan lainnya, jadi menyesuaikan saja," jelasnya.

Ia menjelaskan berkenaan dengan batas desa sesuai Permendagri Nomor 45 Tahun 2016 terdapat beberapa tahapan seperti penegasan dan pengesahan.

Sampai saat ini, dari 42 desa di Kabupaten Belitung sudah menyelesaikan tahapan penegasan, meskipun masih terdapat beberapa segmen yang belum disepakati.

Jika seluruh penegasan batas desa rampung, maka DPPKBPMD akan menyusun peraturan bupati (perbup) per kecamatan.

"Karena salah satu syarat pengajuan pemekaran itu adanya penyelesaian batas dalam bentuk Perbup. Makanya kami kejar regulasinya untuk melengkapi itu," ungkap Anton.

Kemudian, jika telah dibentuk desa persiapan tahapan selanjutkan tim Pemkab Belitung akan mengajukan usulan kode regester dan pengesahan nama desa kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Babel.

Provinsi akan membentuk tim evaluasi sebagai dasar untuk menindaklanjuti usulan tersebut kepada Kementerian Dalam Negeri.

"Jadi tahapannya masih panjang untuk pembentukan desa baru. Kalau semua syarat terpenuhi, satu atau dua tahun nisa terbentuk desa baru tapi butuh sinergi semua pihak," katanya.

(posbelitung.co/dede s)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved