Berita Pangkalpinang

Sekda Kota Pangkalpinang Registrasi Perdana KTP Digital, Resmi Diterapkan Pemkot Hari Ini

Registrasi tersebut tak memerlukan waktu lama. Sekitar lima menit layanan KTP digital sudah dapat dinikmati dalam genggaman.

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: Tedja Pramana
Bangkapos.com/Cepi Marlianto
Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang, Radmida Dawam saat melakukan aktivasi perdana KTP Digital di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat, Selasa (9/8/2022) pagi. 

POSBELITUNG.CO, BANGKA - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pangkalpinang, Radmida Dawam melakukan registrasi perdana untuk Kartu Tanda Penduduk (KTP) Digital dari KTP Elektronik atau e-KTP di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Disdukcapil) setempat, Selasa (9/8/2022) pagi.

Registrasi tersebut tak memerlukan waktu lama. Sekitar lima menit layanan KTP digital sudah dapat dinikmati dalam genggaman.

Radmida mengatakan, bahwa pihaknya ikut mendukung perkembangan terkini berupa KTP Digital yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

"Hari ini kan saya yang pertama mengaktifkan KTP digital identitas digital melalui Disdukcapil Kota Pangkalpinang," kata dia kepada Bangkapos.com usai kegiatan.

Sekda menilai, data kependudukan sangat penting dalam proses pelayanan kepada masyarakat. Sehingga dengan adanya KTP Digital, bisa membantu masyarakat bila ada mengurus berkas-berkas yang membutuhkan KTP. Hal itu apabila andaikan KTP dalam bentuk kartu tertinggal di rumah.

Menurut dia, sistem yang telah diterapkan ini mampu mempermudah masyarakat dalam mengakses dan mendapatkan pelayanan Sistem informasi administrasi kependudukan atau adminduk.

Identitas digital itu merupakan transformasi dari e-KTP fisik menjadi identitas digital yang bisa diakses melalui ponsel pintar.

"Program Disdukcapil ini memudahkan kita masyarakat, khususnya nanti data kita sudah langsung terekam di handphone android," terang Radmida.

Di samping itu lanjut dia, banyak manfaat adanya KTP Digital itu, seperti vaksinasi Covid-19 dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Bahkan melalui KTP Digital itu, bisa dilakukannya verifikasi dan validasi data penduduk yang menerima bantuan sosial.

Serta verifikasi dan validasi penerima bantuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta sektor lainnya sehingga lebih akurat dan tepat sasaran.

"Jadi semuanya ada di dalam KTP Digital itu. Kalau ke mana-mana kita tidak perlu membawa (KTP) fisik lagi karena kita sudah membawa yang data digital," ungkapnya.

Kendati demikian kata Radmida, saat ini pelayanan KTP digital baru diterapkan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Pangkalpinang.

Ke depan apabila semua pegawai di lingkungan pemerintah kota sudah bertransformasi, pelayanan KTP Digital akan dibuka bagi masyarakat.

Terlebih proses transformasi tidak terlalu ribet dan lama. Namun kepada warga diminta untuk membawa ponsel pintar, karena KTP Digital itu bisa diakses ke ponsel pintar.

"Nantinya akan dibuat jadwal kepada masyarakat. Jadi tidak perlu menunjukkan KTP fisik lagi," tukas Radmida.

(Bangkapos.com/Cepi Marlianto)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved