Berita Belitung

Paskibraka Berlatih di Halaman Kantor Bupati, Persiapan Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI

Ada sebanyak 32 pelajar tergabung dalam paskibraka tahun 2022 ini. 16 orang diantaranya pelajar perempuan dan 16 orang lagi lelaki.

Penulis: Disa Aryandi | Editor: Tedja Pramana
Posbelitung.co/Disa Aryandi
Pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) melakukan latihan di Halaman Kantor Bupati Belitung. Foto diambil, Kamis (11/8/2022). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pasukan pengibar bendera pusaka ( Paskibraka) mulai melakukan persiapan menjelang HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Ada sebanyak 32 pelajar tergabung dalam paskibraka tahun 2022 ini. 16 orang diantaranya pelajar perempuan dan 16 orang lagi lelaki.

Pelaksanaan pemusatan latihan berlangsung di Halaman kantor Bupati Belitung. Seluruh Paskibraka melakukan pelatihan ini secara terpusat selama 15 hari dan diatur mulai dari tidur hingga selesai melaksanakan latihan.

Tidak ada perbedaan pelaksanaan upacara tahun 2022 ini dibandingkan tahun kemarin, yaitu belum melaksanakan di Stadion Pangkallalang seperti tiga tahun lalu.

"Tahun ini masih sama seperti tahun lalu, pelaksanaannya di halaman kantor Bupati Belitung. Aturannya juga sama tetap mengikuti protokol kesehatan yaitu menggunakan masker," kata pelatih Paskibraka Belitung, Serma Rachmad kepada Posbelitung.co, Kamis (11/8/2022).

Rachmad mengaku, untuk area pelaksanaan upacara lebih hikmat berlangsung di halaman Kantor Bupati Belitung. Pasalnya lokasi upacara nya diibaratkan simbol daerah.

"Kalau di stadion terbuka. Tapi kalau di sini memperlihatkan simbol daera nya yaitu kantor Bupati Belitung, walaupun tidak seluas stadion tetapi lebih hikmat di sini," jelasnya.

Terakhir pelaksaan upacara HUT Kemerdekaan RI di Halaman Studion Tanjungpandan pada tahun 2019 lalu.

"Jadi ini sudah tahun ketiga pelaksanaan upacara di halaman kantor Bupati Belitung. Kalau kami di paskibraka pada umumnya tidak ada perbedaan, perbedaan hanya formasi saja," ujarnya.

Jika tahun 2020 dan 2021, untuk formasi Paskibraka tidak sepenuhnya bertugas yaitu hanya 16 orang, sedangkan 16 orang lainnya berada dibarisan.

"Tetapi untuk tahun ini, formasi lengkap yaitu 32 orang bertugas. Untuk pelajarnya itu dari setiap kecamatan ada terwakilkan dan termasuk dari MAN Darul Arofa tahun ini perdana," ucapnya.

Menurut Rachmad, untuk persiapan pengibaran bendera merah putih oleh paskibraka kini sedang berlangsung dan akan dilakukan gladi H minus dua dan H minus satu.

"Sekarang masih tahap penggemblengan istilahnya, mulai dari pembinaan fisik, PBB, hingga mengatur kehidupan mereka dari mulai jam empat subuh hingga istirahat malam," bebernya.

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved