Pesona Belitung Beach Festival, Menggeliatkan Pariwisata, Pemberdayaan UMKM dan Ekraf

Pesona Belitung Beach Festival yang merupakan bagian Karisma Event Nusantara (KEN) 2022 dihelat di kawasan wisata pantai tanjungpendam

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: M Ismunadi
POSBELITUNG/Adelina

POSBELITUNG.CO, BeLITUNG - Belitung Beach Festival yang merupakan bagian Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 dihelat di kawasan wisata Pantai Tanjungpendam, Tanjungpandan pada 10-14 Agustus.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno turut hadir sekaligus membuka kegiatan, Rabu (10/8/2022).

Kedatangannya disambut tradisi berebut lawang khas Belitung.

-
- (POSBELITUNG/Adelina)

"Kami melihat ini kebangkitan ekonomi, kami lihat UMKM sudah menggeliat. Saya titip pesan bapak Presiden, bahwa dalam periode ekonomi yang penuh ketidakpastian, kita harus mampu menjawab keresahan masyarakat mengenai inflasi dengan program yang memberdayakan masyarakat. Seperti program yang meningkatkan penghasilan mereka," kata Menteri Sandi.

Ia menambahkan, kegiatan serupa akan mampu membuka peluang usaha dan menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru yang berkualitas.

Selain itu, Kemenparekraf juga terus mendorong terbukanya pariwisata Belitung dengan mengupayakan rute penerbangan internasional, termasuk juga menyambut G20.

"Mari tingkatkan akselerasi pemulihan kita. Pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat, buka peluang usaha, bersama bergandengan tangan meningkatkan ekonomi masyarakat," ucapnya.

Bupati Belitung Sahani Saleh mengatakan, event ini sebagai bagian kebangkitan ekonomi pascapandemi Covid-19.

Pemberdayaan terhadap UMKM dan ekonomi kreatif (ekraf) pun terus dilakukan sebagai penopang ekonomi kerakyatan.

Dalam mengembangkan kepariwisataan tidak hanya cukup mengandalkan keindahan alam, tapi harus didukung unsur lain yang dikemas secara menarik, unik, dan khas.

"Makanya, gelaran festival ini pun ditampilkan dan dikemas menjadi event pariwisata yang menarik dan berkesan. Saya berharap event ini terus menggeliatkan pariwisata di Belitung serta terus menampilkan karya kreatif dan inovatif," katanya.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Annyta mengatakan, rangkaian kegiatan lainnya ada drama tari, lomba musik, hingga story telling. Setiap harinya pengunjung dapat menyaksikan beragam hiburan menarik.

"Hari pertama kegiatan, pengunjung disajikan hiburan menarik seperti parade budaya dari sanggar kesenian, kelompok masyarakat, dan sekolah. Selain itu, ada pula pameran produk UMKM dari mulai kuliner, kriya, dan fesyen," katanya.

Belitung, lanjut Annyta, sempat tak masuk KEN yang dahulunya disebut 100 Wonderful of Event Indonesia 2021 lalu. Tahun ini, Pesona Belitung Beach Festival dapat menjadi satu dari sekian event yang didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Tahun lalu lepas, tahun ini alhamdulillah kami bisa meyakinkan Kementerian Pariwisata bisa masuk KEN lewat rentetan yang sudah dijanjikan," ucapnya. (advertorial/del)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved